Jawa Pos

Arus Mudik Keluar Jakarta Meningkat 39 Persen

-

JAKARTA, Jawa Pos – Arus mudik dari arah Jakarta pada masa libur Tahun Baru Islam 1442 Hijriah masih terpantau padat sejak Rabu malam (19/8) hingga Kamis malam (20/8). Jasa Marga sempat memberlaku­kan contraflow selama lima jam dan menutup rest area 50A arah Cikampek.

Penutupan dilakukan pada Rabu malam karena kepadatan dan penumpukan kendaraan terjadi dekat aksesakses ke rest area tersebut. Pengguna jalan tetap bisa memanfaatk­an rest area Km 19A, Km 33A, Km 39A, dan Km 57A arah Cikampek.

Jasa Marga juga memberlaku­kan skema contraflow pada Kamis sejak pukul 09.00 WIB. Contraflow diterapkan mulai Km 47 sampai Km 53 tol Jakarta–Cikampek arah Cikampek. ”Selain itu, kami melakukan buka-tutup situasiona­l pada rest area Km 50 dan Km 57,” kata General Manager Representa­tive Office 1 Jasamarga Trans-Jawa Tollroad Regional Division Widiyatmik­o

Nursejati kemarin (20/8).

”Total volume lalin yang meninggalk­an Jakarta ini naik 39,2 persen jika dibandingk­an lalin normal,” jelasnya.

Pada moda kereta api, jumlah penumpang juga naik. Itu, misalnya, terjadi pada Rabu lalu (19/8). Daop 1 mencatat ada 7.800 penumpang.

Kereta Api Indonesia (KAI) telah mengantisi­pasi peningkata­n tersebut. ”KAI menambah perjalanan kereta api dalam rangka menyambut libur tahun baru Islam dan cuti bersama akhir pekan ini,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Pada perjalanan 19–23 Agustus 2020, KAI rata-rata mengoperas­ikan 260 KA per hari. Jumlah itu naik 21 persen jika dibandingk­an dengan periode yang sama pada pekan sebelumnya. Khusus perjalanan jarak jauh, jumlahnya rata-rata 88 KA per hari. Jika dibandingk­an dengan periode yang sama pada pekan sebelumnya, terjadi lonjakan. Sebelumnya rata-rata 59 KA per hari.

 ?? AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS ?? MANFAATKAN LIBUR: Lonjakan jumlah penumpang kereta api terlihat di Stasiun Pasar Turi kemarin (20/8).
AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS MANFAATKAN LIBUR: Lonjakan jumlah penumpang kereta api terlihat di Stasiun Pasar Turi kemarin (20/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia