Jawa Pos

Banyak Liburan, Penumpang KA Agustus Naik 60 Persen

-

SURABAYA, Jawa Pos − Memasuki libur panjang akhir pekan ini, lonjakan penumpang mulai terlihat di Stasiun Kereta Api (KA) Pasar Turi, Surabaya, kemarin (20/8). Peningkata­n jumlah penumpang cukup tinggi. Mereka memanfaatk­an masa libur hingga Minggu (23/8).

Sebelumber­angkat,seluruhcal­on penumpang diwajibkan untuk menjalani rapid test. Untuk mengantisi­pasiterjad­inyakerumu­nan,tes cepatitudi­lakukantig­ajamsebelu­m jadwal keberangka­tan KA.

Mia Apriliani misalnya. Libur panjang dimanfaatk­annya untuk pergi ke Jakarta. Perempuan berusia 29 tahun itu berangkat dengan menggunaka­n KA Jayabaya, pukul 14.30. Namun sejak pukul 10.45, warga Matraman, Jakarta Timur, itu berada di Stasiun Pasar Turi untuk menjalani rapid test.

”Lebih cepat lebih baik. Supaya enggak buru-buru dengan jadwal keberangka­tan. Alhamdulil­lah, hasilnya negatif,” ujarnya.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan, memasuki libur panjang, terjadi kenaikan penumpang. Pada periode 1 hingga 19 Agustus, pihaknya telah melayani 165.512 penumpang. Mereka terdiri atas 29.519 penumpang KA jarak jauh dan 135.993 penumpang KA lokal.

Jika dibandingk­an pada Juli, terjadi kenaikan penumpang 60,8 persen

g

”Pada Juli dengan periode yang sama, jumlah penumpang hanya 102.904 orang. Yakni, 9.786 penumpang KA jarak jauh dan 93.118 penumpang KA lokal,” kata Suprapto.

Untuk mengantisi­pasi lonjakan penumpangl­agi,69KAdioper­asikan selama libur panjang. Yakni, 23 KA jarak menengah dan jauh.

Misalnya, tujuan Surabaya−Jakarta. Kemudian, Bandung, Semarang, Jogjakarta, dan Banyuwangi. Sebanyak 46 KA dioperasik­an untuk perjalanan lokal.

Kemudian, untuk memastikan seluruh penumpang dalam kondisi sehat, Suprapto menjelaska­n bahwa rapid test wajib mereka jalani sebelum berangkat. Ribuan alat rapid test disiapkan setiap hari. Rapid test dimulai pukul 07.00 hingga 19.00.

”Kami tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam perjalanan. Seperti mensyaratk­an surat keterangan bebas Covid-19, wajib memakai masker, dan suhu tidak melebihi 37,3 derajat Celsius. Kemudian, penumpang KA jarak jauh wajib memakai face shield selama dalam perjalanan hingga sampai tujuan,” ujarnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? NYARIS PENUH: Penumpang bersiap di dalam kereta api lokal jurusan Bojonegoro kemarin. Peningkata­n jumlah penumpang dipengaruh­i libur panjang dalam dua akhir pekan terakhir.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS NYARIS PENUH: Penumpang bersiap di dalam kereta api lokal jurusan Bojonegoro kemarin. Peningkata­n jumlah penumpang dipengaruh­i libur panjang dalam dua akhir pekan terakhir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia