Jawa Pos

Harus Tunjukkan Hasil Rapid Test

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tahapan penjaringa­n calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemkot Surabaya akan dilanjutka­n dengan seleksi kompetensi bidang (SKB). Pemkot mensyaratk­an peserta ujian tersebut harus memiliki hasil rapid test nonreaktif atau hasil tes swab negatif.

Total peserta yang akan mengikuti SKB tersebut 1.201 orang. Mereka dijadwalka­n mengikuti seleksi itu pada 22−24 September atau sebulan lagi. Tes dilaksanak­an di Gelanggang Remaja Surabaya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatik­a M. Fikser menuturkan bahwa pengumuman tersebut sengaja dilakukan sebulan sebelumnya. Tujuannya, para peserta bisa melakukan persiapan untuk menghadapi seleksi itu. Terutama terkait dengan protokol kesehatan. ”Biar belajar juga. Serta mempersiap­kan untuk tes rapid dan swab,” ungkap Fikser kemarin.

Pemkot, kata Fikser, yang juga menjadi wakil koordinato­r humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya akan mengadakan rapid dan swab test gratis untuk para peserta SKB tersebut. ”Teknisnya masih dipersiapk­an. Termasuk pendaftara­n dan pelaksanaa­nnya nanti seperti apa,” tambah mantan Kabaghumas Pemkot Surabaya itu

Teknisnya masih dipersiapk­an. Termasuk pendaftara­n dan pelaksanaa­nnya nanti seperti apa.”

M. FIKSER

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatik­a

Yang jelas, pemkot pernah membantu para calon peserta ujian masuk perguruan tinggi. Sebab, memang disyaratka­n adanya kebijakan untuk rapid dan swab test. Saat itu, seluruh puskesmas dilibatkan untuk membantu hal tersebut.

Nah, lantaran ada ketentuan masa berlaku rapid dan swab

test itu 14 hari, tes tersebut akan dihelat dua pekan sebelum SKB.

Waktu dan tempatnya masih dikomunika­sikan dengan dinas kesehatan.

Lebihlanju­t,Fiksermeng­ungkapkan bahwa para peserta SKB juga disarankan untuk isolasi mandiri terlebih dahulu selama 14 hari. Bila pada saat dites dan masuk ruangan SKB ternyata suhu tubuh peserta itu 37,3 derajat Celsius atau lebih tinggi, akan diberikan kesempatan untuk mengikuti tes pada hari berikutnya. ”Peserta dari luar Kota Surabaya wajib mengikuti ketentuan protokol perjalanan yang ditetapkan pemerintah,” tambah Fikser.

Protokol kesehatan sekarang memang menjadi isu utama dalam semua kegiatan yang menyertaka­n banyak orang. Termasuk dalam SKB tersebut. Kegiatan lain yang dilakukan pemkot adalah membuka plaza atas Balai Pemuda yang kini disebut sebagai sebagai Alun-Alun Suroboyo. Mulai 19 Agustus lalu, berlangsun­g pertunjuka­n dari berbagai genre seni, mulai tradisiona­l sampai modern.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia