Jawa Pos

Tanam Ratusan Tabebuya di Jalur Box Culvert

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus memoles jalur box culvert Manukan−Sememi hingga Kandangan, Benowo. Selain memasang penerangan jalan umum (PJU) hingga pembatas median jalan, pemkot juga menambahka­n ratusan pohon tabebuya pink. Pohon-pohon yang bernama lain Tabebuia rosea itu akan ditanam di taman pasif, tepatnya pada jalur pemisah dua lajur, Tandes–Benowo dan Benowo–Tandes.

Kemarin ada empat satuan petugas pelaksana (satpel) dari dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) yang sibuk melakukan penanaman. Koordinato­r satpel Nano mengatakan, pohon tabebuya pink yang disiapkan berjumlah 350 pohon. Area tanamnya dimulai dari pertigaan

Jalan Bringin hingga depan Polsek Benowo. ”Hari ini (kemarin, Red) sudah ada 50 pohon yang ditanam,” terangnya saat ditemui Jawa Pos.

Kemudian, Nano menyebutka­n, usia tabebuya yang ditanam tidak boleh terlalu tua. Pohonnya harus yang siap tanam. Di sisi lain, lanjut dia, usia pohon juga tak boleh terlalu muda. Sebab, menurut dia, pohon yang terlalu tua atau muda akan mudah mati. Antarpohon tabebuya yang ditanam diberi jarak sekitar 2 meter.

Sementara itu, urutan penanaman dimulai dengan pemberian tanah taman. Tanah taman cenderung berwarna cokelat dan tidak basah. Tanah taman yang disiapkan mencapai 350 kubik. ”Disesuaika­n dengan kebutuhan nanti,” tambah Nano. Setelah diberi tanah taman, area penanaman ditutup dengan tanah kompos. Tanah kompos memiliki karakter warna hitam pekat. Fungsinya menyuburka­n tanaman. Penanaman 350 pohon tabebuya ditargetka­n rampung dalam sepekan.

 ?? GUSLAN GUMILANG/ JAWA POS ?? PERCANTIK LAJUR: Penanaman tabebuya pink terus dikebut pemkot di kawasan box culvert Kandangan, Benowo, kemarin. Tabebuya yang ditanam memiliki ketinggian 2,5–4 meter.
GUSLAN GUMILANG/ JAWA POS PERCANTIK LAJUR: Penanaman tabebuya pink terus dikebut pemkot di kawasan box culvert Kandangan, Benowo, kemarin. Tabebuya yang ditanam memiliki ketinggian 2,5–4 meter.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia