Jawa Pos

Ada Kebiasaan Baru buat Fotografer

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sebagian profesi berbenah menyambut era new normal. Termasuk fotografer. Mulai persiapan konsep, proses, sampai perangkat kebersihan yang wajib dibawa. Fotografer Matthew Fandy, Udin, dan Ainuna berbagi cerita tentang itu. Mereka mengungkap­kannya saat melakukan sesi diskusi virtual di Instagram Gudang Kamera Surabaya Rabu (19/8). Masing-masing memiliki spesialisa­si fotografi yang berbeda. Matthew Fandy pada speialiasi food photograph­y, Udi pada beauty and fashion, dan Ainuna pada newborn photograph­y. Saat awal diskusi, mereka bertiga sepakat bahwa ada kebiasaan baru yang harus diterapkan di era new normal. Mulai persiapan, konsep foto, dan kebersihan diri. Bahkan, siap untuk bisa keahlian jenis fotografi lain.

Misalnya, yang diungkapka­n Matthew Fandy. Sebelum pandemi, Fandy cenderung pada fotografi wedding.

Namun, karena banyak acara pernikahan yang ditunda, dia mencoba belajar sub spesialisa­si food photograph­y. Menurut dia, usaha makanan di era pandemi masih stabil. Bahkan, semakin banyak kalangan yang berminat untuk memotret usaha makanan.

”Jadi banyak belajar konsep foto yang sebelumnya hampir tidak pernah saya pelajari. Tapi, itu membuat saya bisa bertahan di tengah pandemi,” tuturnya. Setelah dijalani, dia merasa menikmati spesialisa­si barunya. Terlebih, dia juga mengaku hobi makan.

Hampir sama dengan Matthew, fotografer Udin sempat beralih sejenak ke fotografi makanan. Namun, seiring waktu, dirinya mulai kembali ke spesialisa­si semula. Yakni, spesialisa­si beauty and fashion.

Namun, Udin mengaku menerapkan kebiasaan yang baru dari biasanya. Yakni, berkomitme­n untuk menaati protokol kesehatan saat bekerja. Misalnya, memiliki surat sehat untuk dirinya sendiri dan tim. ”Tujuannya untuk menciptaka­n rasa aman dan nyaman antara klien dan tim,” ujar Udin.

Sepakat dengan Fandy dan Udin, fotografer Ainuna menerapkan kebiasaan baru. Dia menambah berbagai perangkat kebersihan saat bekerja. Terlebih, dia selalu berhadapan dengan bayi baru lahir untuk pemotretan yang masih memiliki imunitas rendah. Misalnya, melakukan sterilisas­i untuk semua perangkat fotografi yang dimiliki. Sebab, properti adalah hal utama bagi Ainuna dan tim. ”Sebelum pandemi kami juga sudah memakai masker dan hand sanitizer. Tapi sekarang ditambah dan lebih sering,” pungkasnya.

 ?? GUDANG KAMERA SURABAYA FOR JAWA POS ?? DEMI SEHAT: Diskusi tentang kebiasaank­ebiasaan baru yang harus dilakukan fotografer di masa pandemi.
GUDANG KAMERA SURABAYA FOR JAWA POS DEMI SEHAT: Diskusi tentang kebiasaank­ebiasaan baru yang harus dilakukan fotografer di masa pandemi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia