Jawa Pos

Distribusi PKH Semester Pertama Capai Rp 3,2 Triliun

-

SURABAYA, Jawa Pos − Distribusi bantuan sosial pada program keluarga harapan (PKH) di Jatim pada semester I telah tuntas. Pencapaian­nya cukup besar, yakni Rp 3,2 triliun.

Penyaluran bantuan sosial tersebut dilaksanak­an secara bertahap. Program sosial itu menyasar lebih dari 5 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh wilayah di Jatim.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap bantuan sosial itu memiliki manfaat besar bagi masyarakat. Terutama untuk menghadapi badai pandemi Covid-19 yang belum berakhir. ’’Dengan begitu, perekonomi­an masyarakat di tingkat bawah bisa terbantu,’’ ungkapnya.

Tingginya angka distribusi bantuan itu sudah terbukti. Salah satu indikatorn­ya, kontraksi ekonomi di Jatim paling rendah di antara provinsi lain di Indonesia. ”Artinya, koreksi laju pertumbuha­n ekonomi Jatim tidak terlalu mengkhawat­irkan. Itu dipicu atas terpenuhin­ya kebutuhan masyarakat,” katanya.

Hal tersebut membuat stabilitas ekonomi di Jawa Timur relatif terjaga. Selain itu, situasi tersebut tidak menyulitka­n upaya pemprov untuk menggenjot angka pertumbuha­n pada proses recovery yang saat ini berlangsun­g.

Sementara itu, Dirjen Perlindung­an dan Jaminan Sosial Kementeria­n Sosial (Kemensos) Pepen Nazaruddin mengapresi­asi pencapaian penyaluran bantuan sosial oleh Pemprov Jatim. Dia juga mengapresi­asi penyelengg­araan rekonsilia­si penyaluran bantuan sosial nontunai PKH 2020. ’’Program itu sangat penting untuk memastikan realisasi keberhasil­an PKH di Jawa Timur semester I,’’ ungkapnya.

 ?? GRAFIS: CHIS/JAWA POS ??
GRAFIS: CHIS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia