Jawa Pos

DORONG HASIL PENELITIAN DITERAPKAN DI INDUSTRI

Program Studi (Prodi) Doktor Ilmu Kimia, Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, helat sidang terbuka promosi doktor secara daring kemarin (24/8).

- Dukung Penelitian Mahasiswa hingga ke Luar Negeri

Pencapaian ini tak lepas dari dukungan berbagai pihak, terutama tim pembimbing dari ITS dan UTM, Johor. Apalagi, sebagai pengajar, saya ingin mencapai pendidikan lebih tinggi agar bisa bermanfaat ke depan bagi siapa saja”

INSTITUT Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, menghelat sidang terbuka promosi doktor secara daring. Mulai promovenda, tim penguji, tim promotor, komite pertimbang­an fakultas (KPF) hingga para undangan melaksanak­an dan menyaksika­n sidang itu dari rumah masing-masing. Bahkan salah satu tim promotor berasal dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Johor.

Ani Iryani MSi yang dalam sidang tersebut merupakan promovenda pun resmi menyandang gelar doktor (Dr). Kelulusann­ya dengan pujian atau cum laude. Ani memaparkan disertasi berjudul

Struktur, Sifat dan Kinerja Komposit ZSM-5(Hirarki)/ TiO2/C/Alkil Silil sebagai Fotokatali­s untuk

Menghilang­kan Zat Warna Tekstil. Meski berusia 58 tahun dan memiliki tiga anak serta satu cucu, semangat Ani menyelesai­kan pendidikan S-3 dan mengembang­kan ilmu patut diteladani.

Komitmen Ani dibuktikan dengan menyelesai­kan studi yang tak hanya riset di kampus ITS. Dirinya juga bekerja sama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Johor, yang dibimbing Prof Dr Hadi Nur.

Prof Hadi menyebutka­n, hasil penelitian itu bisa dikembangk­an untuk industri. Misalnya, aplikasi penyerapan bahan-bahan pewarna di industri. Hal itu juga menjadi penyemanga­t untuk terus bersinergi dalam riset di bidang kimia.

’’Bu Ani telah sampai di level yang paling tinggi pada pendidikan formal. Dengan gelar itu, semoga beliau bisa menginspir­asi banyak orang. Terutama bagi anak-anak muda. Sebab, di umur 58 tahun, Bu Ani masih semangat mengambil S-3 dan lulus tepat waktu,’’ ungkap Prof Hadi.

Apresiasi juga datang dari Rektor Unpak Bogor sekaligus Penguji Prof Dr H Bibin Rubini MPd. Dia berharap hasil penelitian itu dapat menjadi solusi dunia industri. Khususnya dunia yang berkaitan dengan pabrik-pabrik tekstil dalam mengatasi pencemaran air atau limbah dari pewarnaan kain.

’’Hasil-hasil dari penelitian ini harus bisa diaplikasi­kan dan dipergunak­an semuanya untuk kesejahter­aan umat manusia. Terutama dalam hal menjaga kelestaria­n lingkungan,’’ ucap Prof Bibin.

Ani yang juga dosen Prodi Kimia, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahua­n Alam, Universita­s Pakuan (FMIPA Unpak), Bogor, berhasil menyelesai­kan studi S-3 di ITS hingga ujian tertutup (21 April 2020). Ani dinyatakan lulus setelah menempuh masa studi 2 tahun 8 bulan dengan pujian atau cum laude.

’’Pencapaian ini tentu tak lepas dari dukungan berbagai pihak, terutama tim pembimbing dari ITS dan UTM, Johor. Apalagi, sebagai pengajar, saya ingin mencapai pendidikan yang lebih tinggi agar bisa bermanfaat ke depan bagi siapa saja,’’ ungkap Ani.

Sementara itu, sidang yang berlangsun­g khidmat itu dipimpin Ketua Sidang Prof Hamzah Fansuri MSc PhD (dekan FSAD ITS) beserta tim promotor. Mereka adalah Prof Mardi Santoso PhD (promotor), Dr Djoko Hartanto MSi (co-promotor 1), dan Prof Dr Hadi Nur (co-promotor 2).

Untuk tim penguji terdiri atas Prof Dr H Bibin Rubini MPd (rektor Unpak Bogor), Prof Ir Joni Hermana MScES PhD (rektor ITS periode 2015–2019), dan Dra Ratna Ediati MS PhD. Sidang terbuka di tengah pandemi memang kali pertama dilaksanak­an di kampus ITS Surabaya. Pelaksanaa­nnya pun berjalan khidmat.

Keberhasil­an Ani Iryani tersebut ditunjang misi dari Program Studi Doktor Ilmu Kimia, FSAD, ITS. Prodi tersebut mendorong mahasiswa untuk aktif dan kreatif. Mahasiswa pun jadi lebih mudah meneliti dan kerja sama dengan institusi di luar kampus. Baik dalam negeri maupun luar negeri.

Sebagai informasi, beberapa kemudahan ditawarkan program studi kimia agar mahasiswa cepat lulus dan berprestas­i. Salah satunya adalah banyaknya dana penelitian-penelitian dosen yang didanai negara atau swasta yang nilainya sangat besar. Apalagi, departemen kimia merupakan tiga besar se-ITS sebagai departemen yang mendapat dana riset.

Prodi Doktor Ilmu Kimia FSAD ITS menawarkan para pekerja atau dosen dan sebagainya yang ingin mengambil S-3 di ITS bisa mengambil jalur by riset tanpa kuliah reguler di ITS Surabaya. Prodi Kimia FSAD ITS juga banyak melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri. Di antaranya, Universiti Teknologi Malaysia, Chulalongk­orn University, City University of Hong Kong, serta beberapa universita­s di Jepang, Australia, Jerman, Prancis, dan Taiwan. (nin/kkn)

 ?? FOTO-FOTO: ITS FOR JAWA POS ?? TETAP KHIDMAT:
Mulai promovenda, tim penguji, tim promotor, komite pertimbang­an fakultas (KPF) hingga para undangan melaksanak­an dan menyaksika­n sidang dari rumah masing-masing.
FOTO-FOTO: ITS FOR JAWA POS TETAP KHIDMAT: Mulai promovenda, tim penguji, tim promotor, komite pertimbang­an fakultas (KPF) hingga para undangan melaksanak­an dan menyaksika­n sidang dari rumah masing-masing.
 ??  ?? GIGIH: Dr Ani Iryani MSi bersama anak dan cucu. Meski telah berusia 58 tahun, Ani tetap bersemanga­t mengambil S-3 dan lulus tepat waktu.
GIGIH: Dr Ani Iryani MSi bersama anak dan cucu. Meski telah berusia 58 tahun, Ani tetap bersemanga­t mengambil S-3 dan lulus tepat waktu.
 ??  ?? DR ANI IRYANI MSI
Dosen Prodi Kimia, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahua­n Alam, Universita­s Pakuan
DR ANI IRYANI MSI Dosen Prodi Kimia, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahua­n Alam, Universita­s Pakuan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia