Jawa Pos

Lusa Swab Test, Latihan Mulai Awal September

-

SURABAYA, Jawa Pos – Persebaya Surabaya akhirnya siap menggelar latihan. Sebelum itu, sebagai syarat, seluruh pemain, pelatih, dan ofisial wajib melakukan swab test. Nah, swab test dilakukan Kamis lusa (27/8). Artinya, setidaknya besok (26/8) seluruh pemain harus sudah berada di Surabaya. ’’Saya juga akan kembali satu hari sebelum swab test dilakukan,’’ kata pelatih Persebaya Aji Santoso kepada Jawa Pos. Saat ini, pelatih 50 tahun tersebut masih berada di Kota Malang. Sangat mungkin besok dia baru kembali ke Surabaya.

Beruntung, beberapa pemain memang sudah berada di Surabaya. Sebut saja Arif Satria, Koko Ari Araya, dan Rachmat Irianto. Mereka baru kembali setelah berlatih dengan skuad timnas. Hambali Tholib juga sudah berada di Surabaya. Namun, masih banyak pemain yang belum kembali. Karena itu, Aji berharap seluruh pemain bisa segera bertolak ke Surabaya sebelum swab test dilakukan.

Kiper Angga Saputro tahu akan ada swab test Kamis nanti (27/8). Angga dipastikan bisa mengikuti swab test tersebut. Sebab, dia sudah mendapat izin dari kesatuanny­a untuk kembali berlatih dengan skuad Green Force. Kemarin jadi dinas terakhirny­a bersama Pomdam V/Brawijaya sebelum kembali bersama Persebaya. ’’Saya pamitan ke atasan. Datang baik-baik, izin juga harus baik-baik,’’ jelas mantan kiper Tira Persikabo itu.

Soal swab test, Angga sama sekali tidak takut. Memang, dia belum pernah melakukan

swab test. Tapi, kiper 26 tahun tersebut sudah tiga kali melakoni rapid test. Hasilnya juga selalu negatif. Karena

itu, dia siap saja kalau memang harus menjalani swab test. ’’Toh, swab test ini juga demi diri sendiri. Demi kesehatan tubuh saya sendiri. Jadi, saya sih nggak masalah,’’ tambah kiper asli Tanggulang­in, Sidoarjo, tersebut.

Setelah swab test dilakukan, Aji berharap hasilnya segera keluar. Dia pun berharap hasilnya juga bagus. Jika demikian, latihan baru bisa digelar. Lalu, kapan latihan perdana akan dilakukan? ’’Saya sudah melakukan komunikasi dengan manajemen. Saya harap latihan sudah bisa digelar tanggal 1 September nanti. Tapi, itu belum final. Lihat perkembang­annya dulu,’’ tambah mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Masalahnya, Aji belum tahu di mana latihan akan digelar. Apakah di Surabaya atau Sidoarjo. Pelatih asal Kabupaten Malang itu juga belum mendapat petunjuk dari manajemen soal venue latihan. ’’Tapi yang jelas saya yakin manajemen sudah memikirkan

solusi-solusi yang terbaik bagaimana. Saya yakin manajemen sudah menyiapkan lapangan untuk tim latihan nantinya,’’ terang Aji.

Sebelum latihan, Aji juga akan melakukan pembicaraa­n dengan manajemen. Terkait bagaimana persiapan Green Force jelang kompetisi musim ini. Termasuk berbicara soal kemungkina­n perubahan target-target yang sebelumnya sudah dipatok. ’’Ini kan latihan hanya satu bulan. Makanya, kami (tim pelatih) harus meeting lagi dengan manajemen. Karena memang kompetisi ini termasuk extraordin­ary,’’ ucap bapak lima anak tersebut.

Selain itu, manajemen dan tim pelatih masih dihadapkan dengan masalah tiga pemain asing. David da Silva, Aryn Williams, dan Mahmoud Eid belum menemukan kata sepakat dengan manajemen soal pembaruan kontrak. Karena itu, sangat mungkin ketiganya belum bisa bergabung saat swab test dilakukan Kamis nanti (27/8).

 ?? ANGGER BONDAN /JAWA POS ?? SEMANGAT!: Skuad Persebaya Surabaya segera berlatih bersama lagi.
ANGGER BONDAN /JAWA POS SEMANGAT!: Skuad Persebaya Surabaya segera berlatih bersama lagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia