Jawa Pos

Rekreasi dengan Nikmati Koleksi Otomotif Klasik

-

SURABAYA, Jawa Pos – Deretan mobil klasik menghiasi Linear Atrium, Ciputra World Mall, kemarin (24/8). Mobil-mobil tersebut sudah berusia puluhan tahun. Ada yang diproduksi pada 1949 hingga 1981.

Pameran yang digawangi Garasi Old Timer itu tidak hanya menampilka­n koleksi lawas, tetapi juga unik dan terbatas. Salah satu yang ditampilka­n adalah VW Kombi terpanjang di Indonesia. Mobil VW Kombi tersebut dibeli dalam keadaan standar, kemudian direstoras­i hingga memiliki panjang 7,3 meter. ’’Mobil ini cukup mendapat apresiasi dari banyak pihak. Selain memegang rekor Muri (Museum Rekor Dunia-Indonesia), mobil ini sudah pernah dimuat majalah Jepang, London (Inggris), dan Paris (Prancis),’’ papar Donny Gracio, perwakilan Garasi Old Timer

Beberapa penyesuaia­n dilakukan seperti menambah jumlah roda dan mengganti posisi kursi. Penyesuaia­n lainnya dilakukan untuk menciptaka­n kesan mewah. Di antaranya, menambahka­n sunroof, lemari pendingin, minibar, dan set audio.

Koleksi lain yang patut dilirik adalah Lancer Yanka Limousine 1959 Chica. Mobil hitam tersebut merupakan mobil dinas Bung

Karno semasa menjadi presiden. Mobil itu diproduksi Rusia dan hanya ada sepuluh unit di dunia. ’’Kami juga pamerkan karena masih erat dengan suasana perayaan HUT RI,’’ tutur Donny.

Total, ada 14 unit kendaraan klasik berbagai merek yang ditampilka­n hingga 31 Agustus nanti. Di antaranya, Land Rover, Rolls-Royce, BMW, VW Beetle, dan Harley-Davidson. ’’VW Beetle ini kalau dilihat sekilas mungkin seperti umum saja. Padahal, untuk jenis tersebut, hanya ada lima di dunia,’’ jelas Donny.

Uniknya, kendaraan-kendaraan berusia puluh tahun itu masih bisa berfungsi dengan baik. Jadi, bukan hanya untuk pajangan di garasi rumah. Pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin berfoto dan mendekat untuk mengamati koleksi tersebut. ’’Kami juga mau kenalkan koleksi otomotif kepada masyarakat melalui pameran ini. Sekaligus menjadi rangkaian acara yang lebih besar jelang peringatan Sumpah Pemuda nanti,’’ ujar Donny.

Promotion & PR Ciputra World Surabaya Stephana Fevriera menyambut baik inisiatif pameran mobil klasik tersebut. ’’Saya kira warga juga butuh hiburan, tapi juga sesuatu yang tidak menciptaka­n kerumunan. Jadi, pameran seperti ini pas sebagai pelipur rindu rekreasi,’’ ungkapnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? REKOR MURI: Garasi Old Timer memajang VW Kombi dengan atap terbuka yang mempunyai panjang 7 meter di Ciputra World Mall.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS REKOR MURI: Garasi Old Timer memajang VW Kombi dengan atap terbuka yang mempunyai panjang 7 meter di Ciputra World Mall.
 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? MODIFIKASI: Interior mewah mobil VW Kombi yang dipamerkan Garasi Old Timer.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS MODIFIKASI: Interior mewah mobil VW Kombi yang dipamerkan Garasi Old Timer.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia