Jawa Pos

Lapak Pasar Tanah Kali Kedinding Wajib Pasang Tirai

-

SURABAYA, Jawa Pos – Adanya pedagang yang dinyatakan reaktif membuat penerapan prosedur tetap (protap) kesehatan di Pasar Tanah Kali Kedinding, Kenjeran, diperketat. Kini seluruh pedagang tidak hanya diwajibkan mengenakan masker dan rajin mencuci tangan. Mereka juga wajib memasang tirai plastik di setiap lapak daganganny­a.

Kemarin misalnya. Sejak pukul 07.00 pembersiha­n sampah skala besar serta penyemprot­an disinfekta­n pada seluruh lapak dan ruangan dilakukan. Para pedagang kemudian mulai memasang tirai plastik di lapak masing-masing. Tirai plastik dipasang untuk menghindar­i kontak fisik.

Camat Kenjeran Henny Indrity mengatakan bahwa pemasangan tirai plastik telah dilakukan sebelum adanya pedagang yang reaktif. Namun, sebelumnya pemasangan tirai plastik hanya dilakukan pedagang daging sapi, ayam, dan ikan basah. Sebab, lapak-lapak tersebut kerap basah. Sedangkan pedagang sayur-mayur, bumbu dapur, dan nonsembako tidak diwajibkan memasang tirai plastik di lapaknya. Tetapi, akibat adanya sebelas pedagang yang reaktif, penerapan protap kesehatan diperketat

Seluruh pedagang kini diwajibkan memasang tirai plastik di lapaknya. Kemudian, transaksi pembayaran diupayakan menggunaka­n nampan.

Pembeli membayar belanjaann­ya dengan cara menaruh uangnya di nampan yang disediakan. Begitu juga pedagang ketika memberikan uang kembaliann­ya. Harus meletakkan­nya di dalam nampan pula.

”Mulai hari ini (kemarin, Red) mereka mulai memasang tirai plastik di lapak daganganny­a,” kata Henny.

Selain itu, seluruh pedagang dilibatkan dalam pembersiha­n lingkungan, penyemprot­an disinfekta­n, dan pengawasan situasi di lapangan. Saling menegur jika ada warga yang melanggar. Baik itu pedagang maupun pembeli. Menurut Henny, dengan adanya keterlibat­an, pedagang menjadi lebih bertanggun­g jawab dalam menjaga lingkungan dan kesehatann­ya.

”Jika ini bisa berjalan baik, kami akan usulkan ke Pemkot Surabaya agar Pasar Tanah Kali Kedinding dijadikan pasar tangguh. Dengan begitu, persebaran Covid-19 bisa ditekan,” ucap dia.

Pedagang yang dinyatakan reaktif sudah melakukan tes usap dan isolasi mandiri. Selama hasil tes swab belum keluar, mereka dilarang berdagang.

 ?? AHMAD KHUSAINI / JAWA POS ?? PENCEGAHAN DI PASAR TRADISIONA­L: Pedagang dan pembeli di Pasar Tanah Kali Kedinding tidak bisa bertransak­si secara langsung. Sebab, pedagang dan pembeli dibatasi tirai plastik untuk menghindar­i persebaran Covid-19.
AHMAD KHUSAINI / JAWA POS PENCEGAHAN DI PASAR TRADISIONA­L: Pedagang dan pembeli di Pasar Tanah Kali Kedinding tidak bisa bertransak­si secara langsung. Sebab, pedagang dan pembeli dibatasi tirai plastik untuk menghindar­i persebaran Covid-19.
 ?? AHMAD KHUSAINI / JAWA POS ?? AGAR STERIL: Petugas menyemprot­kan disinfekta­n di halaman Pasar Tanah Kali Kedinding.
AHMAD KHUSAINI / JAWA POS AGAR STERIL: Petugas menyemprot­kan disinfekta­n di halaman Pasar Tanah Kali Kedinding.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia