Jawa Pos

Hanya 48.847 Lembar Yang MS, Yasin-Gunawan Terlempar

-

NASIB pasangan calon (paslon) independen M. Yasin-Gunawan dalam pilwali Surabaya kandas. Hampir dipastikan mereka tidak bisa melaju lagi dalam pilwali Surabaya. Sebab, jumlah surat dukungan perbaikan yang memenuhi syarat mencapai 48.847 lembar setelah verifikasi administra­si. Jumlah itu jauh dari syarat minimal dukungan 138.565 lembar.

Lantaran mereka tidak me_ menuhi syarat saat verifikasi administra­si dokumen dukungan perbaikan tersebut, proses pun tidak bisa dilanjutka­n di verifikasi faktual. Ketentuan itu berbeda ketika penyerahan awal. Yakni, setelah verifikasi administra­si, berapa pun jumlahnya, verifikasi faktual akan dilanjutka­n.

Jumlah dukungan yang diterima saat penyerahan dukungan perbaikan mencapai 212.426 lembar. Berdasar hasil verifikasi administra­si sejak 19 Agustus tersebut, ditemukan ada 163.579 lembar dokumen yang tidak memenuhi syarat. Sebanyak 48.847 lembar memenuhi syarat.

Koordinato­r Divisi Teknis Penyelengg­araan KPU Surabaya

Soeprayitn­o menjelaska­n, surat dukungan itu tidak memenuhi syarat lantaran dilengkapi data pada surat dukungan. Ada pula fotokopi KTP yang tidak jelas. ’’Bahasa di aturannya, fotokopi KTP elektronik tak sesuai secara nyata,’’ ujar Nano saat dimintai konfirmasi kemarin sore (24/8).

Hasil verifikasi administra­si itu sudah diserahkan pada Minggu (23/8). Kesimpulan seluruh dokumen dinyatakan memenuhi syarat atau tidak baru diserahkan kemarin petang. Undangan yang disebar dijadwalka­n pada pukul 18.00. Namun, karena berkas hasil verifikasi administra­si tersebut tidak memenuhi sarminduk, hampir pasti Yasin-Gunawan terlempar dari kontestasi pilwali Surabaya.

Yasin yang dimintai konfirmasi terpisah menyatakan menunggu hasil kesimpulan tersebut. Dia belum mau menanggapi­nya. ’’Nunggu rapat pleno, Cak,’’ kata dia.

Sementara itu, Gunawan agak heran dengan proses verifikasi administra­si yang relatif cepat tersebut. Dia menuturkan bahwa KPU Surabaya perlu transparan dengan proses verifikasi administra­si itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia