Jawa Pos

Penetapan Rekomendas­i PDIP Tertunda Lagi

-

KADER dan simpatisan PDIP di Surabaya kembali harus bersabar. Sebab, untuk kali keempat, DPP PDIP menunda penyampaia­n rekomendas­i. Paslon yang diusung PDIP belum ditetapkan.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan (BP) Pemilu DPD PDIP Jatim Deni Wicaksono menjelaska­n, DPP PDIP belum memutuskan tanggal pasti rekomendas­i diumumkan. ”Sejak Sabtu kemarin (23/8) kami belum mendapatka­n arahan,” terangnya. Setelah berkomunik­asi, DPD PDIP akhirnya mendapatka­n kejelasan. Partai menunda penyampaia­n keputusan itu. Sebab, ada sejumlah pekerjaan yang harus dituntaska­n.

Pertama, konsolidas­i di internal partai. Seluruh DPC PDIP di Jatim diminta merapatkan barisan. Mengaktifk­an kembali mesin partai. Sebagai langkah persiapan memenangka­n pilkada. Tugas kedua, partai masih berupaya membentuk koalisi. Terutama di wilayah yang perolehan kursi PDIP kurang. Tidak bisa mengusung sendiri kandidat.

Di Jatim ada lima daerah yang belum mendapatka­n rekomendas­i. Dari lima wilayah itu, hanya PDIP Surabaya yang bisa mengusung kandidat sendiri. Tanpa bantuan partai lain. ”Karena jumlah kursinya melebihi batasan,” ucapnya.

Kondisi itu berbeda dengan empat daerah lain. Contohnya, Sidoarjo. Di Kota Delta, PDIP mendapatka­n sembilan kursi. Jumlah itu kurang. Karena untuk mengusung kandidat, dibutuhkan minimal 10 kursi.

Kondisi di Pacitan setali tiga uang. Partai berlambang banteng moncong putih itu hanya mendapatka­n enam kursi. Berselisih tiga kursi dari batasan mengajukan kandidat. ”Di Pacitan parpol yang mengusung kandidat minimal mendapatka­n 9 kursi,” ucap Deni. Nah, kekurangan kursi itu menjadi telaah. Partai melakukan evaluasi. Jalan satu-satunya berkoalisi. Juga membangun kesepahama­n. Menurut Deni, PDIP di wilayah kini tengah membangun komunikasi. Berdialog dengan parpol lain. Dia berharap secepatnya koalisi itu terbangun.

Lantas, kapan rekomendas­i turun? Deni tidak bisa memastikan. Keputusan partai itu mungkin turun mendekati tanggal pendaftara­n. ”Perkirakan saya akhir Agustus,” ujarnya.

 ?? PDIP FOR JAWA POS ?? BAKAR SEMANGAT: Deni Wicaksono memberikan pembekalan kepada kader PDIP dalam Rakercabsu­s DPC PDIP Gresik kemarin.
PDIP FOR JAWA POS BAKAR SEMANGAT: Deni Wicaksono memberikan pembekalan kepada kader PDIP dalam Rakercabsu­s DPC PDIP Gresik kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia