Jawa Pos

7.000 Orang Berebut 800 Kursi

Hampir Separo Peserta Jalur Mandiri Adalah Pemegang KIP Kuliah

-

SURABAYA, Jawa Pos Pendaftara­n jalur mandiri gelombang II Universita­s Airlangga (Unair) ditutup pada Minggu (23/8). Sebanyak 7.305 orang akan mengikuti tes mandiri melalui daring. Para peserta pun diimbau stand by satu jam sebelum ujian dimulai. Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Dr Achmad Solihin menyatakan, meski pendaftara­n jalur mandiri gelombang II hanya singkat, pendaftar yang masuk cukup tinggi. Dalam tiga hari setelah dibuka pada Jumat (21/8), jumlah pendaftar jalur mandiri gelombang II program S-1 mencapai 6.513 orang. ’’Padahal, kuotanya yang dibuka sangat sedikit,’’ katanya.

Solihin menambahka­n, pada jalur mandiri

gelombang II, kuota yang disediakan hanya 830 kursi untuk 37 prodi. Selain program S-1, ada program D-3, D-4, serta kelas internasio­nal. Menurut Solihin, dari total 6.513 pendaftar program S-1, 3.230 orang atau sekiitar 49,5 persen merupakan pemegang kartu Indonesia pintar (KIP)kuliah. Mereka mendaftar secara gratis dan dibebaskan dari uang kuliah awal (UKA) jika diterima. ’’Hampir separo sendiri dari peserta KIP-kuliah,’’ tuturnya.

Seluruh peserta jalur mandiri gelombang

II akan menjalanka­n tes melalui daring hari ini dan besok. Sehari berlangsun­g tiga sesi. Karena itu, para peserta harus segera mempersiap­kan diri. Khususnya masalah jaringan internet. ’’Pastikan jaringan internet di tempat tes tidak mengalami kendala,’’ paparnya. Solihin mengatakan, berdasar pengalaman tes jalur mandiri gelombang I, ada sejumlah peserta yang videonya putus-putus. Artinya, jaringan internet dari tempat tes peserta terganggu. ’’Sebaiknya dipersiapk­an agar ujiannya lancar,’’ katanya.

Selain itu, peserta harus siap satu jam sebelum tes. Tujuannya, mempersiap­kan proses verifikasi sebelum ujian. ’’Jangan sampai mepet dan terlambat untuk login,’’ katanya. Dalam pelaksanaa­n ujian, lanjut dia, peserta harus menaati peraturan yang disampaika­n kepada panitia sebelum tes dimula. Termasuk harus menggunaka­n video dalam ujian. ’’Ada pengalaman tidak menampilka­n video, pengawas akan memberikan catatan. Itu akan menjadi pertimbang­an kami,’’ ucapnya.

Sementara itu, Rektor Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur Prof Akhmad Fauzi mengatakan bahwa pendaftara­n jalur mandiri UPN Veteran Jatim masih dibuka sampai hari ini. Hingga kemarin, pendaftar sementara sudah mencapai 7.254 orang. Padahal, kuota yang diterima hanya 1.348 orang. Fauzi menambahka­n, ada dua prodi baru di jalur mandiri. Yakni, data sains dan pariwisata.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia