Jawa Pos

Pastikan Tak Akan Buka Taman Kota sebelum Dinyatakan Aman

-

SURABAYA, Jawa Pos < Kawasan publik di Surabaya Utara yang di dalamnya termasuk taman bermain anak-anak hingga kini belum beroperasi. Garis pembatas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya juga tetap terpasang melingkari beberapa sarana bermain. Salah satunya di Taman Kalongan, Krembangan Selatan.

Meski belum beroperasi dan menerima pengunjung, beberapa petugas kebersihan tampak rutin membersihk­an kawasan taman tersebut. Petugas keamanan dari BPB Linmas Kota Surabaya juga tetap menjaga kawasan itu.

Menurut Syaifullah, salah satu pengendara ojek online yang kerap mangkal di kawasan itu, tidak beroperasi­nya Taman Kalongan terbilang lama. Dia menuturkan sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakuk­an di Surabaya. ’’Udah lama ini. Wifinya juga ikut mati,’’ ungkapnya, lantas tertawa.

Kepala Badan Penanggula­ngan Bencana dan Perlindung­an Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya Eddy Christijan­to mengatakan, tamantaman di kawasan Surabaya, termasuk di utara, masih ditutup dan tidak beroperasi. Dia mengungkap­kan, batas waktu penutupan juga tidak dapat diprediksi.

’’Ini kan bagian dari inpres dari Presiden Jokowi. Kalau ada tindakan yang perlu direm, salah satunya ya kawasan publik,’’ katanya. Menurut dia, kawasan ruang publik merupakan kawasan yang perlu ditahan untuk tidak dibuka secara umum. Terlebih untuk menghindar­i kerumunan masyarakat dan menerapkan pembatasan jarak fisik.

’’Alun-alun milik pemkot saja kita tutup lagi. Bagaimana dengan yang lain kan. Toh ini juga agar Covid-19 segera hilang,’’ jelasnya. Dia mengungkap­kan, penutupan kawasan publik itu juga diikuti sarana pendukung lainnya. Misalnya, jaringan internet di kawasan taman tersebut. Dia menuturkan, pembukaan taman tentu diikuti kondisi peta persebaran pandemi Covid-19 di Surabaya. Jika sudah aman, semua tentu diaktifkan kembali.

 ?? AKHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? BELUM BUKA: Garis kuning dilarang masuk masih terpasang di Taman Kalongan kemarin. Taman tidak akan dibuka sebelum Surabaya dinyatakan aman dari Covid-19.
AKHMAD KHUSAINI/JAWA POS BELUM BUKA: Garis kuning dilarang masuk masih terpasang di Taman Kalongan kemarin. Taman tidak akan dibuka sebelum Surabaya dinyatakan aman dari Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia