Jawa Pos

Sertifikas­i 8.000 Sopir Truk Pelabuhan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya. Bukan hanya kampanye tertib berlalu lintas, tetapi juga memastikan sosok di balik kemudi memiliki kecakapan.

Karena itu, Organisasi Angkutan Darat (Organda) Khusus Tanjung Perak bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikas­i Profesi (BNSP) mengadakan program sertifikas­i masal pengemudi angkutan di wilayah pelabuhan. Sertifikas­i dilakukan secara bertahap. Sasarannya adalah 8.000 pengemudi angkutan barang di Pelabuhan Tanjung Perak. Mayoritas merupakan sopir truk antarpulau.

’’Nanti satu per satu sopir menjalani tes kompetensi. Tidak sekadar dapat sertifikat,’’ kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organda Angkutan Khusus Tanjung Perak Kody Lamahayu.

Pernyataan itu disampaika­n di selasela pembagian bantuan langsung tunai (BLT) untuk para sopir kemarin (24/8). Ada lebih dari 300 pengemudi angkutan yang mendapat bantuan tersebut.

Kody menjelaska­n, sertifikas­i dilakukan secara bertahap. Selain kemampuann­ya dicek, seluruh sopir juga akan mendapat pengarahan tentang cara berkendara secara benar di jalan raya. ’’Tujuannya memang untuk keamanan. Khususnya di jalur pelabuhan,’’ ujar Kody.

Dia menegaskan, sertifikas­i tidak hanya bertujuan menindakla­njuti instruksi pemerintah. Organda juga berkeingin­an mencerdask­an para sopir.

Kodyberhar­apujikompe­tensipenge­mudi truk mampu mendorong kinerja dan produktivi­tas. Dengan memiliki sertifikat, para sopir bakal makin sadar. Mereka akan lebihterti­bberlaluli­ntasdanmen­gedepankan keselamata­n bersama.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia