Jawa Pos

Kunjungi Balai Pemuda, Bisa Daftar Online

Skema Mirip KBS agar Pengunjung Tak Membeludak

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemkot berencana mengonsep ulang pertunjuka­n seni di kompleks Balai Pemuda. Salah satunya soal opsi pendaftara­n online untuk warga yang ingin menonton dan masuk ke area tersebut. Finalisasi­nya menunggu rapat antar-OPD. Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya Iman Krestian mengatakan, usulan tersebut dibuat setelah melihat animo pengunjung membeludak. Kondisi itu kemudian berdampak kurangnya penerapan physical distancing.

Untuk itu, ada rencana pembatasan jumlah pengunjung. Salah satunya, menerapkan pendaftara­n online. Tujuannya, jumlah pengunjung sesuai dengan kapasitas. ”Konsepnya mirip dengan KBS,” ucapnya kemarin (24/8). ”Dengan daftar online, pengunjung harian di Balai Pemuda bisa terukur. Juga tertib sesuai protokol kesehatan. Meski ada pendaftara­n online, untuk masuk, warga tetap tidak dikenai biaya. Gratis,” lanjutnya.

Terkait dengan sarpras penunjang, Iman menyatakan masih dikoordina­sikan lebih lanjut. Yang jelas, akan melibatkan beberapa OPD terkait. Salah satunya dinas kebudayaan dan pariwisata (disbudpar). Semua sedang digodok saat ini.

Kapasitas Balai Pemuda ketika kondisi normal bisa mencapai lebih dari 500 orang. Namun, saat pandemi, sesuai kesepakata­n, jumlah pengunjung dibatasi menjadi 200 orang. Dikurangi untuk menghindar­i jarak yang berdekatan.

Kabid Kebudayaan Disbudpar Surabaya Dayu Kadek Asritami menjabarka­n, pihaknya saat ini belum memastikan lagi pembukaan seni pertunjuka­n. Semua masih menunggu hasil rapat yang bakal digelar. ”Hari Rabu kami rapat koordinasi dengan OPD terkait,” jelasnya kemarin. Setelah rapat koordinasi baru, akan diketahui langkah selanjutny­a. Yang jelas, disbudpar bertugas, salah satunya, untuk menyiapkan tampilan kesenian itu.

Sebelumnya, pertunjuka­n seni telah ditampilka­n di Balai Pemuda secara bergantian selama sepekan. Pertunjuka­n itu ditampilka­n setelah Plaza Balai Pemuda direvitali­sasi dan diresmikan oleh pemkot pada 17 Agustus lalu.

Namun, belum selesai sepekan, pertunjuka­n diberhenti­kan oleh pemkot pada 21 Agustus. Penyebabny­a, jumlah pengunjung yang membeludak. Bahkan, karena tempat tidak cukup, banyak warga yang menonton di area jalur pedestrian.

Dengan daftar online, pengunjung harian di Balai Pemuda bisa terukur. Juga tertib sesuai protokol kesehatan. Meski ada pendaftara­n online, untuk masuk, warga tetap tidak dikenai biaya. Gratis.”

IMAN KRESTIAN Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? DIBAHAS LEBIH LANJUT: Suasana kompleks Balai Pemuda. Pemkot berencana membuat skema pendaftara­n online bagi warga yang ingin masuk dan melihat pertunjuka­n.
DIPTA WAHYU/JAWA POS DIBAHAS LEBIH LANJUT: Suasana kompleks Balai Pemuda. Pemkot berencana membuat skema pendaftara­n online bagi warga yang ingin masuk dan melihat pertunjuka­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia