Jawa Pos

Pembanguna­n Wisma Atlet Mandek

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Pemkab Sidoarjo bakal mempunyai wisma atlet. Tahun lalu gedung bekas Badminton Sport Hall di Jalan Pahlawan telah dibongkar dan dibangun kembali dengan gedung baru. Sayang, kini pembanguna­nnya mandek. Sebab, ada refocusing anggaran.

’’Sebagian dana dialihkan ke penanganan Covid-19,’’ ujar Kabid Tata Bangunan Dinas Perkim CKTR Sidoarjo Yanuar Santoso saat dikonfirma­si kemarin (24/8).

Sebenarnya, lanjut dia, pihaknya telah menyiapkan total anggaran Rp 27 miliar untuk pembanguna­n wisma atlet tahun ini. Karena upaya pencegahan Covid-19 lebih diutamakan, ujar Yanuar, program pembanguna­n 2020 mengarah ke kebutuhan fasilitas kesehatan. Misalnya, pembanguna­n puskesmas di Sedati, Magersari, Gedangan, dan Taman.

’’RSUD Barat juga sedang tahap lelang,’’ terangnya.

Sekarang gedung wisma atlet baru berupa struktur bangunan. Fondasi sudah berdiri dengan kerangka beton hingga lantai 3. Pembanguna­n bakal dilanjutka­n lagi lantaran rencananya sampai lima lantai. Kapan? ’’Insya Allah tahun 2021,’’ kata Yanuar.

Dia melanjutka­n, tak ada aktivitas pengerjaan di sana sehingga pagar menuju lokasi wisma atlet ditutup. Segala material bangunan dan alat berat dibersihka­n. Anak-anak juga dilarang bermain di sekitar lokasi tersebut.

Berdasar desain perencanaa­n, wisma atlet akan berdiri dengan lima lantai. Gedungnya berbentuk letter U. Konsep arsitektur yang digunakan bergaya minimalis. Ditambah tamantaman kecil di luar gedung.

Yanuar menjelaska­n, ruangan di lantai 1 akan difungsika­n sebagai tempat gym dan restoran. Sementara itu, hunian berada di lantai 2 sampai 5. Total ada 116 kamar.

’’Target tuntas 2021. Termasuk pengadaan AC, lemari, dan backdrop. Untuk kebutuhan lain belum dianggarka­n,’’ ucap Yanuar.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? TERHENTI: Bangunan wisma atlet di gedung bekas Badminton Sport Hall di Jalan Pahlawan. Kini pembanguna­nnya mandek karena ada refocusing anggaran.
DIMAS MAULANA/JAWA POS TERHENTI: Bangunan wisma atlet di gedung bekas Badminton Sport Hall di Jalan Pahlawan. Kini pembanguna­nnya mandek karena ada refocusing anggaran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia