Jawa Pos

Dinikmati dari Jarak Jauh

Rijaman dengan Gaya Lukisan Pointilism­e

-

SURABAYA, Jawa Pos – Rijaman tengah serius menyelesai­kan sebuah lukisan di lantai dasar Lippo Plaza Gresik Minggu (23/8). Di sekeliling­nya ada 24 lukisan yang berjajar rapi pada kanvas. Ya, seniman yang dikenal dengan gaya lukis pointilism­e itu sedang menyelengg­arakan pameran tunggal. Dia mengambil tema aktivitas masyarakat dan pemandanga­n alam Indonesia.

Penyelesai­an lukisan pada kanvas berukuran 95 x 357 sentimeter itu memeriahka­n pembukaann­ya. Lukisan itu berupa bentang persawahan yang telah panen. Ditunjukka­n dengan dominasi warna kuning. Diapit pemandanga­n pegunungan dan area pepohonan yang hijau. Tampak pula aktivitas para petani yang sedang memanen.

Lukisan tersebut dia beri judul Panen Raya. Terkandung pesan optimis di dalam lukisan itu. ”Apa pun situasinya, harus tetap berkarya, bekerja keras, dan optimistis bahwa masa depan akan lebih baik,” ujarnya saat ditemui.

Menurut dia, itu terinspira­si dari situasi pandemi yang sedang terjadi saat ini yang mengakibat­kan banyak orang menjadi kesusahan. Namun, dia berusaha untuk menyebar pesan optimistis agar menumbuhka­n semangat.

Ada juga 24 lukisan lain dengan berbagai rupa. Mulai pemandanga­n alam, aktivitas masyarakat, hingga objek buah dan bunga yang terlihat merekah dan segar. Seluruhnya berupa lukisan dengan aliran pointilism­e. Yakni, lukisan yang tercipta dengan membuat titik-titik kecil menggunaka­n cat hingga membentuk sebuah gambar. Hasilnya akan terlihat ketika dinikmati dengan jarak jauh. Beda jika dinikmati jarak dekat, akan terasa kabur. ”Menurut saya, pointilism­e lebih mudah dicerna penikmatny­a. Jadi, saya ingin penikmat langsung merasakan keindahan rupa lukisan itu,” imbuhnya.

Pameran tersebut berlangsun­g mulai Minggu hingga 1 Oktober mendatang. Itu adalah pameran tunggalnya ke-19. ”Pandemi juga menghasilk­an inspirasi. Sehingga, terwakili oleh lukisan-lukisan yang baru,” pungkas pria 64 tahun itu. Dia juga sedang menyelesai­kan lukisan terbarunya berjudul Semangat Berkarya Semasa Pandemi.

 ?? RIJAMAN FOR JAWA POS ?? BAWA PESAN OPTIMISTIS: Rijaman dengan salah satu karya yang ditampilka­n dalam pameran tunggal ke-19 di Lippo Plaza Gresik hingga 1 Oktober mendatang.
RIJAMAN FOR JAWA POS BAWA PESAN OPTIMISTIS: Rijaman dengan salah satu karya yang ditampilka­n dalam pameran tunggal ke-19 di Lippo Plaza Gresik hingga 1 Oktober mendatang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia