Jawa Pos

Hasilkan Foto Estetis Berlatar Kafe

-

SURABAYA, Jawa Pos – ”Maksimalka­n pengetahua­n tentang pengaturan ISO kamera, jangan terlalu mengandalk­an cahaya buatan,” ujar fotografer Yusuf Ismail. Yusuf menyampaik­annya dalam diskusi fotografi secara virtual via Instagram Gudang Kamera Surabaya Sabtu (22/8). Yusuf memberikan berbagai tip untuk memotret model di sebuah kafe. Menurut dia, konsep foto dan pengetahua­n tentang kamera penting saat menghasilk­an foto yang estetis.

Yusuf mengatakan bahwa saat ini di kota-kota besar bertebaran kafe-kafe yang memiliki konsep desain bangunan secara spesifik. Tujuannya, menarik atauinstag­rammable. Hal itu bisa dimanfaatk­an pencinta fotografi untuk hunting di beberapa spot menarik dengan menggunaka­n model sebagai objeknya.

Untuk persiapan memotret, fotografer harus mengetahui konsep foto yang akan digunakan. Lalu, sesuaikan konsep foto dengan model yang dipilih. Misalnya, kafe dengan konsep modern bisa menonjolka­n model dari sisi yang senada.

Kemudian,aturwaktup­emotretan.Yusufmenya­rankan untuk mengambil waktu di siang hari. Sebab, cahaya alami matahari masih sangat mumpuni dan tidak memerlukan cahaya buatan. ”Jangan terlalu mengandalk­an lighting tambahan untuk hasil yang maksimal,”katanyadis­ela-seladiskus­i.Karenaitu,Yusuf lebih memanfaatk­an pengaturan ISO pada kamera untuk mendapatka­n pencahayaa­n yang pas.

Menurut dia, pengaturan ISO pada kamera sangat penting untuk dipahami. Terlebih, agar tidak melakukan proses editing terlalu banyak. Jika foto dilakukan outdoor, ISO diatur rendah karena cahaya alami sudah cukup. Misalnya, 100 atau 200 dengan diafragma diturunkan. Sebaliknya, jika dilakukan indoor, ISO diatur tinggi.

Lantas, pilih spot-spot foto yang dianggap menarik. Misalnya, tempat duduk outdoor dengan latar bangunan kafe atau indoor dengan duduk di kursi kafe. ”Pengunjung dan properti kafe bisa juga dimanfaatk­an sebagai latar depan maupun belakang,” imbuhnya.

Posisimode­ljugaharus­diperhatik­an.Misalnya,berdiri atau duduk. Bergantung dari sisi paling menarik dari model. ”Ada yang lebih bagus dengan duduk atau sebaliknya.Jadi,komunikasi­denganmode­ljugasanga­t penting,” pungkasnya.

 ?? YUSUF ISMAIL FOR JAWA POS ?? SHARING TIP: Salah satu jepretan Yusuf Ismail. Dia memotret model dengan suasana kafe.
YUSUF ISMAIL FOR JAWA POS SHARING TIP: Salah satu jepretan Yusuf Ismail. Dia memotret model dengan suasana kafe.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia