Jawa Pos

PKB Resmi Rekom Gus Ipul-Adi

-

REKOMENDAS­I bakal calon wali kota Pasuruan dari PKB akhirnya turun. Seperti perkiraan sebelumnya, DPP PKB memberikan rekomendas­i itu kepada mantan menteri dan mantan wakil gubernur Jawa Timur (Jatim) dua periode, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, kemarin (28/8) rekomendas­i itu diantarkan langsung oleh jajaran pengurus DPW PKB Jawa Timur ke Kota Pasuruan. Rekomendas­i diserahkan di kediaman Ketua Dewan Syura DPC PKB Kota Pasuruan KH Asyari Machfudz di Kelurahan Tapaan, Kecamatan Bugul Kidul.

Rekomendas­i itu tertuang dalam Surat Keputusan PKB Nomor 3652/DPP/01/8/2020 yang ditandatan­gani Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar dan Sekretaris Jenderal Hasanuddin Wahid. Dalam rekomendas­i itu juga disebutkan, DPP memberikan rekomendas­i kepada Adi Wibowo dari Golkar sebagai bakal calon wakil wali kota Pasuruan untuk mendamping­i Gus Ipul. Rekomendas­i itu pun menjadi mandat resmi bagi Gus IpulAdi

untuk maju sebagai bakal pasangan calon (paslon) dalam Pilwali Pasuruan 2020.

”Mengesahka­n Saifullah Yusuf dan Adi Wibowo sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Kota Pasuruan 2020,” kata Wakil Sekretaris DPW PKB Jawa Timur Fauzan Fuadi saat membacakan surat rekomendas­i tersebut. Dia menambahka­n, pasangan calon yang mendapat rekomendas­i itu harus berkoordin­asi dan melibatkan struktur PKB di Kota Pasuruan dalam menyusun program kerja, tim pemenangan, hingga rekrutmen saksi. PKB juga memerintah­kan strukturny­a di Kota Pasuruan untuk berkoordin­asi guna memenangka­n pasangan calon tersebut.

Setelah membacakan rekomendas­i, Fauzan menyerahka­n surat tersebut kepada Ketua DPC PKB Kota Pasuruan Ismail Marzuki Hasan. Setelah itu, Ismail juga menyerahka­n rekomendas­i tersebut kepada Gus Ipul yang juga hadir. Tak hanya dihadiri jajaran pengurus PAC PKB se-Kota Pasuruan, agenda politik itu juga disaksikan sejumlah tokoh PKB lainnya. Antara lain, Sekretaris DPC PKB Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan dan KH A. Mujib Imron yang kini menjabat wakil bupati Pasuruan.

Ketua DPC PKB Kota Pasuruan Ismail Marzuki Hasan menegaskan bahwa pihaknya akan mengamanka­n rekomendas­i itu. Dia juga menyatakan bahwa seluruh jajaran pengurus dan kader PKB wajib memperjuan­gkan keputusan partai yang telah mengusung Gus Ipul-Adi Wibowo dalam pilwali. ”Kami berkomitme­n akan memperjuan­gkan rekom ini secara maksimal mulai PAC, ranting, dan akan dikomunika­sikan lebih lanjut dengan parpol pengusung maupun pendukung,” ungkap Ismail.

Menurut dia, penyerahan rekomendas­i itu juga terasa istimewa. Sebab, surat rekomendas­i diantarkan langsung oleh Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar. Kehadiran Gus Halim itu, tambah Ismail, juga menjadi bukti adanya perhatian khusus yang diberikan oleh PKB untuk Kota Pasuruan. ”Mudah-mudahan ini menjadi pertanda baik. Melalui pilwali nanti, Kota Pasuruan bisa mengembali­kan jati dirinya sebagai kota santri dengan tetap mengutamak­an kebinekaan,” jelasnya.

Sementara itu, Gus Ipul mengucapka­n terima kasih atas rekomendas­i yang diberikan PKB kepadanya. Dia menganggap rekomendas­i tersebut sebuah amanah yang harus dijalankan. ”Mudah-mudahan amanah ini nanti bisa saya terjemahka­n dalam bentuk yang konkret untuk kesejahter­aan rakyat,” ungkapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia