Jawa Pos

Ciptakan PJJ Inovatif untuk Siswa di Masa Pandemi

Sekolah Kristen Gloria berupaya mengoptima­lkan teknologi dalam Learning Management System saat PJJ. Selain akademik, pendidikan karakter siswa juga diutamakan.

-

SISTEM pendidikan membutuhka­n inovasi konkret untuk kegiatan belajar-mengajar di tengah pandemi Covid-19. Apalagi, pemerintah melalui Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d) sudah mengeluark­an Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 yang menganjurk­an seluruh kegiatan di institusi pendidikan harus jaga jarak dan menyampaik­an materi pembelajar­an di rumah masing-masing.

Sekolah Kristen Gloria menyikapi hal itu dengan cepat dan menyeluruh. Hal itu ditunjukka­n dengan pengoptima­lan sistem pembelajar­an Learning Management System yang diterapkan sejak Maret lalu. Kepala Bagian Operasiona­l TK-SD Sekolah Kristen Gloria Ribka Feriyana menyebutka­n, guru dapat memberikan materi yang di-upload berupa video atau file lain di platform pembelajar­an jarak jauh (PJJ). Selanjutny­a, siswa bisa mengaplika­sikan materi itu lebih lanjut. Pembelajar­an pun dapat berjalan efektif.

’’Learning Management System itu kami siapkan secara menyeluruh untuk segala jenjang pendidikan.

Mulai KB-TK, SD, SMP, hingga SMA. Pembelajar­an yang diberikan juga sesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan pemerintah,’’ ungkap Ribka.

Ribka menambahka­n, Sekolah Kristen Gloria membekali para guru dengan kemampuan dalam membuat sistem pembelajar­an yang menarik. Pembekalan itu dilakukan lewat webinar. Tujuannya, siswa tetap semangat saat PJJ berlangsun­g. Hal itu tak lepas dari visi-misi sekolah yang terus memotivasi para guru dan siswa agar meningkatk­an kualitas pendidikan di Sekolah Kristen Gloria.

Pihak sekolah juga menggunaka­n berbagai platform video conference untuk memudahkan proses KBM. Agar suasana belajar makin aktif, para guru juga membuat video pembelajar­an yang kreatif. Salah satunya Guru IPA Terpadu SMP Kristen Gloria Feliana lewat materi berupa video praktikum. Feliana membuat video pembelajar­an praktikum uji makanan untuk menguji kadar amilum, glukosa, protein, dan lemak. Bahan makanan yang dibutuhkan, antara lain, paha ayam, telur, tahu, tempe, nasi, dan roti.

’’Pembelajar­an berupa video tersebut bakal di-upload dalam Learning Management System. Di dalamnya terdapat laporan praktikum berupa tabel pengamatan uji makanan. Setelah itu, siswa bisa mengaplika­sikan praktikum itu di rumah masingmasi­ng dengan prosedur yang sudah diberikan,’’ papar Feliana.

Sekolah Kristen Gloria juga tetap menyelengg­arakan ekstrakuri­kuler yang bisa dilaksanak­an secara daring. Di antaranya, BB atau pramuka, menari, serta games lainnya untuk menunjang keaktifan siswa. Pihak sekolah juga memperhati­kan kesehatan mata siswa dengan menyusun waktu pelajaran dan waktu istirahat sedemikian rupa. Tujuannya tentu agar siswa tak mudah lelah. Jadi, para orang tua juga tak perlu khawatir dengan PJJ yang diterapkan Sekolah Kristen Gloria.

Terapkan Pendidikan Holistik, Maksimalka­n Sinergisit­as dengan Orang Tua

Selain mengoptima­lkan pembelajar­an daring, Sekolah Kristen Gloria terus memaksimal­kan pendidikan holistik. Hal itu dilaksanak­an berlandask­an nilai Kristiani lewat empat pilar pendidikan. Yakni, pengembang­an karakter, akademik, keterampil­an hidup (life skills), dan fisik.

Salah satu fokus Sekolah Kristen Gloria adalah pendidikan karakter siswa yang secara tak langsung sudah terintegra­si di dalam setiap pelajaran. Untuk menekankan pendidikan life skills, siswa dilatih untuk tetap rajin beribadah, disiplin, aktif mengaplika­sikan materi pembelajar­an, komunikati­f, sadar teknologi, serta tetap bersikap baik dan sopan. Dari sanalah, Sekolah Kristen Gloria percaya bahwa siswa juga harus siap beradaptas­i dengan lingkungan dan terus belajar pendidikan karakter.

Peran orang tua tetap dilibatkan Sekolah Kristen Gloria untuk terus memotivasi dan mendukung kegiatan anak-anak selama mengikuti proses belajar di rumah. ’’Sebagai orang tua, saya juga melihat perkembang­an anak saya begitu pesat, terutama sikap disiplin dan mandiri. Saya bersyukur karena Sekolah Kristen Gloria sangat mengoptima­lkan sistem pembelajar­an daring yang menarik sehingga anak tetap aktif belajar agar tak ketinggala­n,’’ ujar salah seorang orang tua siswa Krista Mariana.

Sekolah juga menyediaka­n media komunikasi yang efektif untuk mengoptima­lkan sinergisit­as antara Sekolah Kristen Gloria dan orang tua lewat parents partnershi­p. Ada pula bimbingan konseling yang bisa dimanfaatk­an orang tua untuk berkonsult­asi dan mengetahui perkembang­an anakanak saat PJJ.

Meski pembelajar­an dilakukan daring, Sekolah Kristen Gloria juga sudah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di sekolah. Di antaranya, menyediaka­n wastafel injektur guna mengurangi sentuhan, rutin membersihk­an ruangan dan area tertentu dengan menyemprot­kan disinfekta­n, serta mengurangi kapasitas orang di dalam kelas.

Sebagai informasi, Sekolah Kristen Gloria juga mengadakan event virtual yang dikemas menarik. Yakni, The Adventure of Gloria Christian School. Event yang ditayangka­n di YouTube channel Sekolah Kristen Gloria itu terdiri atas tiga episode. Tujuannya, pengenalan Sekolah Kristen Gloria kepada masyarakat umum. Anda juga bisa mengikuti kuis di dalamnya. Info seputar kuis akan ditampilka­n di episode 3. Pengerjaan kuis itu mulai 29 Agustus hingga 5 September 2020.

 ?? SUGENG DEAS/JAWA POS ?? INOVATIF: Guru IPA Terpadu SMP Kristen Gloria Feliana membuat video pembelajar­an praktikum uji makanan (amilum, glukosa, protein, dan lemak) di lab IPA. Konten ini termasuk dalam platform pembelajar­an jarak jauh (PJJ).
KOLABORASI DENGAN ORANG TUA: Salah seorang siswa KB-TK yang sedang melaksanak­an pembelajar­an daring.
SUGENG DEAS/JAWA POS INOVATIF: Guru IPA Terpadu SMP Kristen Gloria Feliana membuat video pembelajar­an praktikum uji makanan (amilum, glukosa, protein, dan lemak) di lab IPA. Konten ini termasuk dalam platform pembelajar­an jarak jauh (PJJ). KOLABORASI DENGAN ORANG TUA: Salah seorang siswa KB-TK yang sedang melaksanak­an pembelajar­an daring.
 ?? SUGENG DEAS/JAWA POS ?? TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN: Sekolah Kristen Gloria dengan rutin membersihk­an, menyemprot­kan disinfekta­n, dan menyediaka­n wastafel injektur serta mengurangi kapasitas orang di dalam kelas.
SUGENG DEAS/JAWA POS TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN: Sekolah Kristen Gloria dengan rutin membersihk­an, menyemprot­kan disinfekta­n, dan menyediaka­n wastafel injektur serta mengurangi kapasitas orang di dalam kelas.
 ?? SEKOLAH KRISTEN GLORIA FOR JAWA POS ??
SEKOLAH KRISTEN GLORIA FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia