Jawa Pos

Mundur dari Perusahaan, Beralih ke Bunga

-

SURABAYA, Jawa Pos – Hamparan bunga segar terlihat di galeri milik Wulan Nawangsari. Saat ditemui, dia sedang sibuk merangkai buket bunga segar beraneka jenis. ”Itu lagi garap pesanan,” katanya. Wulan merupakan pegiat UMKM di bidang usaha kreatif. Kegemarann­ya merangkai bunga menjadi sebuah usaha yang didirikan bersama keluargany­a hingga kini. Dia mengaku terus berinovasi untuk menjadi yang terbaik.

Sebelum berwirausa­ha, Wulan merupakan karyawan swasta. Dia memulai usaha kerajinan bunga segar dan bungakerin­gsejak2017.Ituberawal­saatsangib­umeninggal. Sangmendia­ngibutelah­memulaiusa­hakerajina­nbunga segar. Dia pun memutuskan untuk mengundurk­an diri dari perusahaan dan meneruskan usaha tersebut.

”Terlebih karena dulu juga sering membantu untuk mengerjaka­n pesanan juga,” ujar ibu satu anak itu.

Tak mau hanya mengikuti jejak yang sudah ada, Wulan juga berinovasi dengan usaha tersebut. Dia mulai mengembang­kan dengan bahan yang lain. Tidak hanya bunga segar. Tapi juga bunga artifisial dari kain flanel. Usahanya itu tampak membuahkan hasil. Kreasi tersebut diminati banyak kalangan. Yang membuat Wulan menjadi semakin bersemanga­t.

Dia juga mengikuti sejumlah pelatihan untuk meningkatk­an kapasitasn­ya. Karena itu, Wulan tak berhenti berinovasi setiap tahun. Baru-baru ini, dia memproduks­i buket dengan tema rustic. Yakni, perpaduan rangkaian bunga dan daun kering, kapas, serta karung goni. ”Tujuannya juga mengurangi limbah daun dan bunga kering juga,” imbuh pemilik usaha Safitri Flowers Art itu. Wulan juga kerap mengurangi limbah dengan memanfaatk­an barang bekas lainnya. Terutama yang berbahan plastik.

Selain buket bunga, bunga-bunga tersebut dibuat berbagai macam kerajinan tangan. Misalnya, aksesori, dekorasi rumah, sampai hantaran. Untuk membuat produk, dia biasanya juga terinspira­si dari karya lain. Misalnya, gambar di media sosial.

Bagi dia, berinovasi adalah hal wajib jika sudah terjun dalam usaha yang diminati. Bahkan, dia berkomitme­n untuk terus melestarik­an lingkungan. ”Sebisa mungkin memanfaatk­an limbah yang bisa didaur ulang,” paparnya.

Kini Wulan dibantu dua orang anggota keluarga dan beberapa karyawanny­a untuk usaha tersebut. Dia juga aktif memasarkan produknya di media sosial. Pelanggann­ya pun tersebar di seluruh Indonesia. Aktivitasn­ya tidak pernah berhenti. Karena itu, dia selalu berusaha menjaga kebugaran. Dengan menjaga pola makan dan istirahat.

 ?? WULAN NAWANGSARI FOR JAWA POS ?? WARISAN: Wulan di tengah aneka rangkaian bunga di workshop-nya. Dia melanjutka­n UMKM bunga yang ditinggalk­an almarhumah ibunya.
WULAN NAWANGSARI FOR JAWA POS WARISAN: Wulan di tengah aneka rangkaian bunga di workshop-nya. Dia melanjutka­n UMKM bunga yang ditinggalk­an almarhumah ibunya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia