Jawa Pos

Hoax Risma Telah Dibaptis

-

WALI Kota Surabaya Tri Rismaharin­i tiba-tiba menjadi sasaran hoax. Di media sosial, mantan kepala Bappeko Surabaya itu dikabarkan telah dibaptis. Agar lebih meyakinkan, informasi tersebut dilengkapi video pendek Risma (sapaan Tri Rismaharin­i) dikeliling­i orang-orang yang sedang berdoa di sebuah ruangan.

”Oalaaah, Jenk RISMA ngapain tu ..... Di Baptis yak,” komentar dari akun Facebook Panglima Muslimah sembari membagikan postingan akun Twitter @ kharimakha­rima1 pada 30 Agustus 2020 (bit.ly/RismaDibap­tis).

Di YouTube, foto-foto Risma yang diambil dari video yang sama diberi narasi lebih provokatif. Foto itu dilengkapi keterangan bahwa Risma dikeliling­i para rohaniwan di sebuah gereja. Pemilik kanal YouTube bahkan menuliskan judul yang lebih berani. Katanya, foto tersebut merupakan ritual

Risma untuk melenggang ke DKI Jakarta.

Namun, saat video yang diunggah akun Twitter @kharimakha­rima1 diperhatik­an sampai selesai, ternyata sama sekali tidak ada ucapan pembaptisa­n. Yang terdengar adalah doa untuk Wali Kota Tri Rismaharin­i selaku pemimpin Kota Surabaya.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febri Adhitya Prajatara menjelaska­n, dalam video itu Risma sedang menghadiri undangan silaturahm­i dengan para rohaniwan se-Kota Surabaya. Risma pun berkesempa­tan menyampaik­an sikap dan komitmen. Bahwa dirinya selalu berusaha netral, tidak membeda-bedakan warganya dalam membangun kota dan membuat kebijakan.

Selanjutny­a, Risma didoakan agar selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan. ”Pada acara itu Bu Wali (Risma, Red) didoakan supaya selalu sehat dan selalu dilindungi Tuhan. Nggak ada acara lain. Apalagi itu.

Nggak benar itu,” jelasnya kemarin (31/8).

Febri juga meluruskan bahwa lokasi pertemuan antara wali kota Surabaya dan para rohaniwan tersebut bukan sebuah gereja. Melainkan sebuah gedung di Surabaya Barat, yakni di kawasan Club House Graha Family. Ketika ditanya tentang waktu pelaksanaa­n pertemuan itu, Febri mengaku tidak tahu pasti. Tapi pada Agustus tahun ini.

Febri juga mengeluark­an keterangan tertulis yang memuat penjelasan Ketua Panitia Silaturahm­i Wali Kota Surabaya dengan Para Rohaniwan Se-Kota Surabaya Yohanita Bega. Disebutkan, acara itu hanyalah silaturahm­i biasa dan mendoakan Tri Rismaharin­i. Baik saat menjabat wali kota maupun setelah tidak menjabat nanti.

”Itulahinti­doakamipad­asaatitu.Danitulah sebenarnya­intidariac­araitu.Kamiinginm­endoakan Ibu Wali Kota yang telah memajukan Kota Surabaya,” ujarnya.

 ?? ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia