Jawa Pos

Terjal di Duel Awal

PBSI Home Team Tournament Hari Ini –

-

JAKARTA, Jawa Pos PBSI Home Team Tournament mulai digeber hari ini (1/9). Itu merupakan simulasi sebelum menghadapi Piala Thomas di Aarhus, Denmark, pada 3–11 Oktober. Ada empat grup yang akan bertarung dengan format setengah kompetisi.

Pada sesi pertama, tim Rajawali akan menghadapi Garuda. Rajawali menjadi unggulan pertama. Dari segi materi pemain, mereka lebih unggul. Di sektor tunggal, mereka memiliki Jonatan Christie. Lalu, pada sektor ganda ada Fajar Alfian/M. Rian Ardianto.

Nah, laga pertama akan menyajikan pertarunga­n dua tunggal putra utama, yaitu Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Keduanya memiliki rekor headto-head yang imbang. Sama-sama memiliki tiga kemenangan dari 6 kali pertemuan. Pada dua pertemuan terakhir juga alot karena selalu berakhir dengan rubber game.

”Setiap grup sudah dipilih agar kekuatan mereka lebih merata. Agar kekuatan seimbang, tidak ada grup dengan ranking tinggi semua. Ini akan jadi pertimbang­an untuk menilai siapa yang masuk skuad Thomas nanti,” ungkap Kabid Binpres PBSI Susy Susanti.

Duel di sektor ganda juga tak kalah menarik. Yakni, saat tim Banteng bertemu Harimau siang nanti. Ganda putra ranking kedua teratas dunia saling berhadapan. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya di kubu Harimau melawan M. Ahsan/ Hendra Setiawan (Banteng).

Menghadapi simulasi itu, Hendra mengatakan ingin lebih menikmati pertanding­an. ”Soal persiapann­ya, lebih banyak fokus ke lapangan. Target utama untuk Piala Thomas. Saya mencoba tampil maksimal,” kata Hendra seperti yang dikutip dalam rilis PBSI.

Hendra menambahka­n, semua tim memiliki peluang karena punya kekuatan yang merata. ”Lawan juga teman sendiri. Pastinya

berat karena sudah sering bertemu dan sama-sama nggak mau kalah,” kata peraih emas Olimpiade Beijing 2008 itu.

Meski begitu, Hendra tetap waspada. Sebab, sudah enam bulan dia tidak bertanding dalam event resmi. Sementara itu, pada PBSI Home Tournament lalu, dia tidak turun dengan partner aslinya. ”Lama nggak tanding bikin feel jadi beda di lapangan. Tetapi, semua juga mengalami. Jadi, tetap harus siap,” imbuhnya.

Uji Kemampuan bagi Chico

Laga simulasi Piala Thomas hari ini sekaligus jadi sarana menguji kemampuan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Sekjen PP PBSI Achmad Budiharto menuturkan, Chico menjadi pemain yang disertakan untuk menemani ketiga tunggal putra lainnya seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito di skuad Piala Thomas. Atas dasar itu, pihaknya berharap pebulu tangkis dengan ranking ke-75 itu bisa menunjukka­n penampilan maksimalny­a saat simulasi. Apalagi, dia bakal menghadapi para seniornya.

 ?? MOHD RASFAN/AFP PHOTO ?? START BERAT: Mohammad Ahsan (kanan) dan Hendra Setiawan langsung bentrok dengan Minions hari ini.
MOHD RASFAN/AFP PHOTO START BERAT: Mohammad Ahsan (kanan) dan Hendra Setiawan langsung bentrok dengan Minions hari ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia