Jawa Pos

Pengurus RT/RW Ingatkan Jam Pengambila­n

PT Pos soal Pencairan BST

-

SURABAYA, Jawa Pos Pencairan bantuan sosial tunai (BST) tahap kempat dan kelima untuk warga Kota Surabaya terus berjalan. Sejak Jumat (28/8) ada lebih dari 40 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) yang mengambil bantuan dari APBN tersebut. PT Pos Indonesia berkoordin­asi dengan pengurus

RT/RW untuk mendorong ketertiban pengambila­n BST.

Antrean pengambila­n uang terpantau di Kantor Pos Kebonrojo kemarin (31/8). Ada 4.500 orang yang dijadwalka­n mengambil uang Rp 600.000. Mereka berasal dari Kelurahan Morokremba­ngan.

Dari pengamatan, masih ada masyarakat yang belum membaca undangan secara cermat

J

Nama terdata di Terminal Wisata Ampel (TWA). Namun, mereka datang ke Kantor Pos Kebonrojo. Beberapa warga juga datang tidak sesuai dengan jam pengambila­n.

Kepala Kantor Pos Surabaya Dino Ariyadi membenarka­n soal adanya warga yang tidak teliti membaca undangan. Mereka datang tidak sesuai jam. ’’Tapi, jumlahnya tidak banyak. Tidak bisa menyerobot, KPM tetap diarahkan untuk menunggu sampai jam pengambila­n yang ditentukan,’’ kata Dino.

Menurut dia, waktu pengambila­n bantuan telah diatur untuk menghindar­i penumpukan. Secara umum, pembagiann­ya jadi tiga sif. Yakni, pagi, siang, dan sore. ’’Pembagian jam juga untuk physical distancing,’’ tambah Dino. Dia menambahka­n bahwa instansiny­a sudah meminta bantuan pengurus RT/RW. Mereka diminta ikut menyosiali­sasikan terkait perbedaan jam pengambila­n yang tertera di undangan. Harapannya, masyarakat tidak menumpuk atau mengeluh karena menunggu lama di Kantor Pos.

Dino tidak menampik bahwa ada KPM yang belum mengambil jatahnya sesuai jadwal yang ditentukan. Alasannya beragam. KPM tidak perlu bingung. Sebab, mereka masih mengambiln­ya lain hari sesuai dengan tempat pengambila­n. ’’Jika bingung bisa ke Kantor Pos. Kami membuka posko pengaduan,’’ jelas Dino.

Posko pengaduan dibuka untuk memfasilit­asi keluhan KPM. Bukan hanya pegawai PT Pos Indonesia. Di posko tersebut juga ada petugas dari Dinsos Surabaya.(hen/c15/git)

 ?? AHMAD KHUSAINI / JAWA POS ?? AMBIL BANTUAN: Warga mengantre mengambil dana BST di Kantor Pos Kebon Rojo kemarin.
AHMAD KHUSAINI / JAWA POS AMBIL BANTUAN: Warga mengantre mengambil dana BST di Kantor Pos Kebon Rojo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia