Jawa Pos

Meski Lockdown, Tetap Layani Cetak E-KTP

-

SURABAYA, Jawa Pos – Mal pelayanan publik di Siola memang ditutup sementara hingga 6 September. Meski begitu, pelayanan administra­si kependuduk­an dan pencatatan sipil warga Surabaya tak lantas terhenti. Warga tetap bisa mengajukan permohonan cetak e-KTP. Perekaman e-KTP dilayani di kecamatan.

Kepala Dinas Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dispendukc­apil) Surabaya Agus Imam Sonhaji menuturkan, pihaknya tetap membuka layanan pencetakan e-KTP di Siola. Namun, proses itu dilakukan secara terbatas karena harus menyesuaik­an kondisi lockdown menyusul sejumlah pegawai yang terpapar Covid-19. ’’Per hari ada dua petugas yang stand by,’’ kata Agus kemarin (31/8).

Dalam sehari, petugas bisa mencetak 200 sampai 300 keping e-KTP. Jumlah tersebut sangat bergantung permintaan yang masuk di aplikasi klampid. dispendukc­apil.surabaya.go.id.

Selain dua petugas tersebut, dispendukc­apil menyiagaka­n 10 personel yang ditugaskan untuk mengantar e-KTP yang sudah tercetak. Mereka akan membawa e-KTP tersebut ke setiap kelurahan, tetapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. ’’Jadi, warga tinggal ambil di kantor kelurahan,’’ ujarnya.

Warga juga masih tetap bisa menjalani perekaman. Namun, aktivitas perekaman harus dilakukan di kantor-kantor kecamatan. Dari 31 kecamatan, hampir semua kecamatan masih melayani perekaman KTP elektronik. Hanya tiga kecamatan yang pelayanann­ya terhenti karena mengalami gangguan jaringan. Yaitu, Kecamatan Sambikerep, Lakarsantr­i, dan Bubutan. ’’Selebihnya, semua kecamatan masih aktif,’’ jelas Agus.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? MASIH TUTUP: Seorang pengunjung melihat pengumuman di papan informasi mal pelayanan publik Siola kemarin (31/8). Rencananya, penutupan instansi pelayanan publik itu berakhir pada 6 September.
FRIZAL/JAWA POS MASIH TUTUP: Seorang pengunjung melihat pengumuman di papan informasi mal pelayanan publik Siola kemarin (31/8). Rencananya, penutupan instansi pelayanan publik itu berakhir pada 6 September.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia