Jawa Pos

99 Hari Lagi Pilih Pengganti Bu Wali

MA-Mujiaman, Whisnu Sakti Buana, atau Eri Cahyadi?

-

SURABAYA, Jawa Pos – Coblosan pilwali Surabaya pada 9 Desember kurang 99 hari lagi. Waktu yang tidak terlalu lama untuk menentukan pengganti Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i yang sudah waktunya turun takhta. Sebab, wali kota perempuan pertama di Surabaya itu sudah dua periode menjabat.

Figur-figur yang dijagokan menjadi pengganti Risma pun sudah tebar pesona menggaet hati warga Surabaya. Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno telah mengantong­i rekomendas­i dari delapan partai politik (parpol) yang duduk di parlemen. PDI Perjuangan berencana mengumumka­n calonnya dalam satu-dua hari ini. Tokoh yang punya kans kuat adalah Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana dan Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi.

Tim relawan Eri Cahyadi (EC) terus bergerak mengumpulk­an dukungan. Target mereka, satu RT satu relawan. Di setiap kelurahan, ada koordinato­r.

Nunuk, juru bicara relawan EC, menyebutka­n bahwa telah terhimpun 4.720 relawan dan jumlahnya masih terus bertambah. Mereka mendorong Eri untuk maju sebagai penerus Risma. Total, ada 8.500 RT se-Surabaya. Jadi, sudah setengah lebih dari total RT. ’’Kami data by name, by address,’’ katanya kemarin (31/8).

Besarnya animo dukungan itu tidak terlepas dari sosok Eri yang pernah menjabat Plt kepala dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH). Program kerja yang digagas berjalan. Misalnya, pemasangan PJU dan paving serta pembenahan saluran. Penambahan ruang terbuka hijau (RTH) pun menjadi perhatian. Saat Eri menjabat, Surabaya makin asri dengan perbaikan dan penambahan taman.

Sementara itu, calon wali kota Surabaya Whisnu Sakti Buana (WS) terus bergerak. Dia punya gagasan besar membenahi Taman Remaja Surabaya (TRS). Tujuannya, memberikan ruang seniman untuk berkarya. WS menyatakan bahwa salah satu keping sejarah Surabaya itu dijadikan landmark kota yang ikonik. ’’Sebagai pusat seni dan budaya,’’ ujarnya.

Tim pemenangan Machfud ArifinMuji­aman Sukirno juga terus bergerak untuk menguatkan dukungan yang telah didapatkan dari delapan parpol pengusung. Hari ini (1/9) tim pemenangan berencana bertemu dengan pimpinan partai untuk membahas strategi pemenangan sekaligus memperkena­lkan Mujiaman lebih mendalam.

Direktur Program Tim Pemenangan MA Center Imam Syafi’I mengungkap­kan, selama ini belum banyak yang tahu siapa sebetulnya Mujiaman. Yang diketahui baru sebatas alumnus ITS dan mantan Dirut PDAM Surya Sembada. ’’Padahal, Pak Mujiaman ini orangnya luar biasa. Di luar dugaan kita semua,’’ ungkapnya kemarin.

 ?? PDIP FOR JAWA POS ?? PARA KANDIDAT: Whisnu Sakti Buana (kanan) yang blusukan ke kampung tangguh membawa ide tentang revitalisa­si Taman Remaja Surabaya. Machfud Arifin yang mengusung tagline ‘’Maju Kotane, Makmur Wargane.’’ Eri Cahyadi (kiri) mendapatka­n dukungan dari 4.720 relawan tingkat RT.
PDIP FOR JAWA POS PARA KANDIDAT: Whisnu Sakti Buana (kanan) yang blusukan ke kampung tangguh membawa ide tentang revitalisa­si Taman Remaja Surabaya. Machfud Arifin yang mengusung tagline ‘’Maju Kotane, Makmur Wargane.’’ Eri Cahyadi (kiri) mendapatka­n dukungan dari 4.720 relawan tingkat RT.
 ?? PUGUH/JAWA POS ??
PUGUH/JAWA POS
 ?? FRIZAL/JAWA POS ??
FRIZAL/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia