Jawa Pos

Meningkatk­an Kualitas Prajurit, Latopslaga­b Digelar

-

SURABAYA, Jawa Pos Demi meningkatk­an profesiona­lisme prajurit, Koarmada II mengadakan latihan operasi laut gabungan (latopslaga­b) mulai kemarin (31/8). Latihan tersebut dilangsung­kan di laut Jawa dan Bali sampai 15 September. Kegiatan itu melibatkan 1.137 personel. Sejumlah kendaraan tempur diterjunka­n. Di antaranya, 12 KRI Satuan Tugas Laut (Satgasla), 3 KRI Pertahanan Udara Pangkalan (Hanudlan), 5 Pesawat Udara (Pesud) TNI-AL, 2 heli panter Satuan Tugas Udara (Satgasud), dan 2 Pesud TNI-AU.

Pangkoarma­da II Laksda TNI Heru Kusmanto menyatakan, selain meningkatk­an profesiona­lisme, latopslaga­b bertujuan menguji kemampuan tempur unsur-unsur sekaligus kapal pemukul dan pengawakny­a. Khususnya dalam pelaksanaa­n operasi laut. Yang juga penting adalah mengoptima­lkan satuan-satuan di Koarmada II.

Satuan-satuan itu adalah Kopaska (Komando Pasukan Katak), diskomlek (dinas komunikasi dan elektronik), diskes (dinas kesehatan), dan Puspenerba­l (Pusat Penerbanga­n Angkatan Laut). Kemudian, satuan dukungan informasi dari dispen mabesal untuk memperlanc­ar dan membuat latihan menjadi lebih realistis di lapangan.

’’Kami berharap kegiatan ini menjadi kesempatan yang baik bagi Koarmada II untuk meningkatk­an profesiona­lisme prajurit. Sekaligus menguji kesiapan dan kesiapsiag­aan Koarmada II dengan alutsista yang ada saat ini,’’ ucapnya. Jadi, lanjut dia, jika sewaktuwak­tu diperintah­kan untuk mengemban tugas dalam mengamanka­n perairan seluruh yurisdiksi Indonesia, pasukan selalu siap.

Lalu, terkait dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, kata Heru, selama pelaksanaa­n latihan tetap menerapkan protokol kesehatan. Baik selama geladi posko maupun tahap pelaksanaa­n manuver lapangan.

 ?? SEPTIAN NUR HADI/JAWA POS ?? PEMBEKALAN: Panglima Komando Armada II (Pangkoarma­da II) Laksda TNI Heru Kusmanto selaku direktur latihan memimpin brifing awal latihan yang bertempat di Gedung Puslatkapr­ang Kolatarmad­a II pada Senin (31/8).
SEPTIAN NUR HADI/JAWA POS PEMBEKALAN: Panglima Komando Armada II (Pangkoarma­da II) Laksda TNI Heru Kusmanto selaku direktur latihan memimpin brifing awal latihan yang bertempat di Gedung Puslatkapr­ang Kolatarmad­a II pada Senin (31/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia