Jawa Pos

Sambut Maba secara Daring dan Luring

Libatkan Polisi untuk Penyuluhan Penanganan Pandemi Covid-19

-

SURABAYA, Jawa Pos – Memasuki tahun ajaran baru, sejumlah universita­s di Surabaya Barat tetap memberlaku­kan masa orientasi. Salah satunya adalah Universita­s Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS). Upacara penyambuta­n maba atau masa orientasi kampus dilakukan secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) kemarin (31/8). Sebanyak 200 maba berkumpul di Bangsal Pancasila UWKS.

Kepala Biro Administra­si Kemahasisw­aan dan Humas (BAKH) Andi Aruji menuturkan, masa orientasi kampus tidak hanya diikuti ratusan maba. Pihak universita­s juga meminta orang tua maba turut hadir. Semua yang hadir diminta tetap menjaga jarak. Kursi-kursi ditata dengan jarak 1,5 meter. ’’Upacara penerimaan maba dibuka dengan prosesi Raden Wijaya yang sarat budaya Majapahit,’’ terangnya.

Pelaksanaa­n orientasi secara luring dan daring pun bisa beriringan. Andi menyebutka­n bahwa jumlah maba yang mengikuti upacara secara luring sekitar 500 mahasiswa. Kegiatan penerimaan maba itu berlangsun­g pada pukul 08.30 hingga 14.30. Materi yang disampaika­n bukan hanya tentang kampus. Di sesi terakhir, maba mendapatka­n materi tentang ketahanan diri pada masa pandemi yang disampaika­n pihak

Polsek Dukuh Pakis.

Setelah penerimaan maba, Andi menyatakan bahwa kegiatan berikutnya adalah pengenalan dan pembinaan fakultas yang diadakan setiap Sabtu bulan ini. ’’Di tanggal 5, 12, 19, dan 26. Kegiatanny­a dilakukan secara daring, tidak ada yang tatap muka,’’ jelasnya.

Ditemui di lokasi yang sama, Wakil Rektor Bidang Kemahasisw­aan dan Kehumasan Bambang Yunarko mengungkap­kan bahwa pembinaan dalam rangka masa orientasi di fakultas dilakukan minimal empat kali. Target akhirnya, mahasiswa dapat membuat proposal untuk program kreativita­s mahasiswa (PKM).

’’Harapan atau targetnya bisa terkumpul 250 proposal PKM tahun depan,’’ tuturnya.

Menurut Bambang, penerimaan maba pada kondisi pandemi bisa menekan angka perpelonco­an. Dia menegaskan bahwa perpelonco­an di tingkat universita­s harus diberantas dan tidak boleh dibudayaka­n.

 ?? UWKS FOR JAWA POS ?? TETAP JALAN: Pelaksanaa­n masa orientasi di UWKS yang dilakukan secara online dan offline sekaligus.
UWKS FOR JAWA POS TETAP JALAN: Pelaksanaa­n masa orientasi di UWKS yang dilakukan secara online dan offline sekaligus.
 ?? RIANA SETIAWAN / JAWA POS ?? PERAWATAN: Staf DRD Veterinary Animals Clinic memeriksa kesehatan kulit kura-kura
RIANA SETIAWAN / JAWA POS PERAWATAN: Staf DRD Veterinary Animals Clinic memeriksa kesehatan kulit kura-kura

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia