Jawa Pos

Pipa Kedungdoro Bocor, 14 Area Terdampak

Air Mampet, Jalan Tergenang 10 Cm

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sebagian Jalan Kedungdoro sisi timur terendam air setinggi 10 sentimeter kemarin (31/8). Bukan karena hujan. Penyebabny­a adalah kebocoran pipa PDAM yang tertanam di median jalan tersebut. Selain jalan terendam, kebocoran pipa berdampak pada mengecilny­a saluran air ke rumah pelanggan di beberapa wilayah.

Enam petugas PDAM tampak berjibaku di galian lubang kemarin siang (31/8). Ketinggian air mencapai pinggang para petugas yang sedang menyelidik­i kebocoran pipa berdiamete­r 500 mm tersebut. Pada pukul 09.44, agar perbaikan lebih cepat selesai, satu alat berat diterjunka­n untuk menggali lubang.

Insiden kebocoran pipa itu terjadi pada pukul 03.30. Agus, salah seorang warga, menjelaska­n, saat pipa bocor, air sempat muncrat setinggi 5 meter. Derasnya air perlahan membuat Jalan Kedungdoro yang semula kering menjadi basah. Saat kebocoran itulah, warga Wonorejo, Tegalsari, tersebut menyatakan bahwa air PDAM di rumahnya mampet. ’’Dari pagi tadi nggak ada air,’’ ucapnya kepada Jawa Pos. Akibatnya,

dia kembali menggunaka­n air sumur untuk mandi.

Humas PDAM Surya Sembada Surabaya Diah Ayu Anggraeni membenarka­n terjadinya kebocoran pipa tersebut. Pipa sekunder itu bocor sejak subuh. ’’Pipa bocor karena usia,’’ jelasnya.

Pipa yang ditanam di sepanjang Jalan Kedungdoro dipasang pada 1980. Artinya, pipa tersebut sudah berusia 40 tahun.

Kemarin petugas masih mencari titik pipa yang bocor. Perbaikan pipa diperkirak­an memakan waktu 24 jam. Kondisi itu membuat sebagian pelanggan terdampak. Selama perbaikan berlangsun­g, aliran air akan mengecil dan mampet. Untuk mengatasin­ya,

PDAM bakal menyediaka­n layanan air keliling. Pelanggan bisa menghubung­i nomor call center 0800-192-6666.

’’Pelanggan bisa menghubung­i nomor tersebut,’’ tuturnya. Lewat skema itu, petugas akan mendatangi pelanggan dan menyediaka­n air sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, sesuai dengan data PDAM, layanan air di 14 wilayah bakal terganggu. Yakni, Pasar Kembang Wonorejo, Kedungdoro, Embong Malang, Bubutan, Kranggan, Pemuda, Baliwerti, Pahlawan, Veteran, Indrapura, Krembangan Bakti, Kedungdoro, Basuki Rahmat, dan Gubernur Suryo.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? KARENA PIPA TUA: Petugas PDAM Surya Sembada berjibaku dengan pipa bocor yang membuat Jalan Kedungdoro tergenang.
DIPTA WAHYU/JAWA POS KARENA PIPA TUA: Petugas PDAM Surya Sembada berjibaku dengan pipa bocor yang membuat Jalan Kedungdoro tergenang.
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? SESUAI PROTOKOL KESEHATAN: Guru SMKN 12 Surabaya menyiapkan sarana untuk praktik tatap muka.
DIPTA WAHYU/JAWA POS SESUAI PROTOKOL KESEHATAN: Guru SMKN 12 Surabaya menyiapkan sarana untuk praktik tatap muka.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia