Jawa Pos

Raisa Bantu Nakes RS Darurat Wisma Atlet

Latih Tim Rumah Sakit dan Kodam Jaya secara Daring

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemanfaata­n Raisa semakin luas dalam penanganan pasien Covid-19. Bukan hanya di rumah sakit di Surabaya, Robot Medical Assistant ITS-Unair (Raisa) itu siap membantu tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta.

Melalui PT ITS Tekno Sains, penyerahan robot Raisa dan polymerase chain reaction (PCR) kepada Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) Jaya Kolonel CKM Dr Stefanus

Dony telah dilakukan secara daring. Sebelumnya, rumah sakit yang memanfaatk­an robot Raisa adalah Rumah Sakit Universita­s Airlangga (RSUA), RSUD dr Soetomo, RS Husada Utama, dan RSUD Saiful Anwar, Malang.

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari menyatakan, Raisa tersebut telah dipesan Pertamina Group melalui PT ITS Tekno Sains. Kemudian, diserahkan ke RS Darurat Wisma Atlet, Jakarta, untuk membantu tenaga medis dalam melayani pasien Covid-19. ”Robot tersebut memiliki tipe high care unit (HCU) untuk ruang-ruang isolasi,” katanya.

Ashari menuturkan, Raisa difungsika­n untuk membantu dalam penanganan pasien yang kondisinya ringan dan sedang. Robot tersebut memiliki banyak fitur yang dapat membantu para tenaga kesehatan (nakes). Di antaranya, sarana komunikasi dua arah, pengantar makanan dan minuman obat, serta kebutuhan pasien. Selain itu, robot dapat beroperasi hingga delapan jam dalam sehari untuk sekali pengisian baterai. ”Ada sensor pada robot yang mampu mencegah terjadinya tabrakan ketika ada objek di depannya. Ada peringatan,” ujarnya.

Direktur PT ITS Tekno Sains Dr

I Ketut Gunarta menambahka­n, tim IT dari RS Darurat Wisma Atlet dan Kodam Jaya sudah mendapatka­n pelatihan. Dengan demikian, Raisa dapat segera dioperasik­an. Pelatihan cara penggunaan dan perawatan robot Raisa dilakukan secara daring bersama tim teknisi Raisa ITS. Raisa sudah dikirimkan pada 4 Agustus. Sementara itu, jumlah pasien yang dirawat di RS Darurat Wisma Atlet telah mencapai seribuan orang. ”Robot tersebut akan dioperasik­an di salah satu tower di RS Darurat Wisma Atlet. Kami berharap Raisa dapat membantu nakes untuk penyembuha­n pasien,” katanya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? MANFAATKAN TEKNOLOGI: Raisa saat kali pertama diluncurka­n.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS MANFAATKAN TEKNOLOGI: Raisa saat kali pertama diluncurka­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia