Jawa Pos

Pasien Sembuh Kembali ke Lapas

-

SIDOARJO, Jawa Pos - Warga binaan Lapas Kelas I Surabaya di Porong yang sembuh dari Covid-19 bertambah. Total ada tiga narapidana (napi) yang kemarin (31/8) dinyatakan sehat. Dua di antaranya sudah kembali ke dalam penjara.

Kini tinggal seorang warga binaan yang sembuh, tapi masih menjalani perawatan di rumah sakit. Sebab, ada penyakit lain yang bukan disebabkan Covid-19.

Tiga warga binaan yang sembuh itu sebelumnya dirawat di rumah sakit. Mereka berada di ruang isolasi selama lebih dari sepuluh hari. Awalnya, mereka mengalami gejala sakit. Namun, sekarang gejalanya sudah tidak ada.

Mereka kembali ke lapas pun dibekali dengan surat sehat sebagai bukti bahwa mereka sudah terbebas dari virus korona jenis baru. ”Mereka sudah kembali ke blok,” kata Kasi Perawatan Lapas Kelas I Surabaya (Porong) Prayogo Mubarak.

Selain warga binaan yang sembuh, jumlah napi yang dinyatakan terpapar Covid-19 juga bertambah, termasuk pegawai lapas. Dulu total ada 57 warga binaan dan pegawai yang dinyatakan positif Covid. Sekarang jumlahnya bertambah menjadi 60 orang. Diantarany­a,56napiterk­onfirmasi positif Covid. Dua orang di antaranya meninggal dan 3 orang sembuh. Kini masih ada 51 orang yang menjalani isolasi. Sebagian besar masuk kategori orang tanpa gejala (OTG). Tidak sakit dan tidak menjalani perawatan di rumah sakit.

Hanya sekitar 10 orang yang menjalani perawatan. Sementara itu, tiga pegawai yang awalnya terkonfirm­asi positif Covid, sekarang menjadi 4 orang. ”Mereka menjalani isolasi mandiri,” lanjut Prayogo.

Demi menekan persebaran virus korona, pihak lapas terus melakukan upaya pencegahan optimal. Bantuan dari berbagai pihak pun terus berdatanga­n, termasuk dukungan dari instansi pemerintah.

Salah satunya dari Pemkot Surabaya. Kemarin pihak pemkot mengirim dua unit mobil pemadam kebakaran untuk menyemprot disinfekta­n. Penyemprot­an menyeluruh dilakukan di lingkungan lapas.

”Kami berterima kasih kepada semua pihak yang membantu lapas selama ini,” ucap Kepala Lapas Kelas I Surabaya (Porong) Gun Gun Gunawan.

 ?? LAPAS KELAS I SURABAYA FOR JAWA POS ?? BASAH : Lingkungan lapas disemprot cairan disinfekta­n oleh mobil pemadam kebakaran dari Pemkot Surabaya. Blok warga binaan juga disterilka­n.
LAPAS KELAS I SURABAYA FOR JAWA POS BASAH : Lingkungan lapas disemprot cairan disinfekta­n oleh mobil pemadam kebakaran dari Pemkot Surabaya. Blok warga binaan juga disterilka­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia