Jawa Pos

Golkar Beri Rekom BHS-Taufiqulba­r

PAN Tetap Koalisi dengan PDIP

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Bambang Haryo Soekartono (BHS) dipasangka­n dengan M. Taufiqulba­r. Itu rekomendas­i sekaligus formulir B1KWK atau surat dukungan dari DPP Partai Golkar yang diserahkan ke keduanya di Jakarta kemarin (31/8). Dengan demikian, dalam pilkada mendatang, Golkar resmi mendukung mereka.

Ketua DPD Golkar Warih

Andono menyebut keputusan Golkar sudah bulat. Selain Golkar, PKS dan PPP menyerahka­n dukungan mereka untuk BHS.

Menurut Warih, total partai yang mengusung BHS dan Taufiqulba­r sementara ini ada lima partai, yakni Golkar, Gerindra, PPP, PKS, dan Demokrat. Golkar 4 kursi, Gerindra 7 kursi, PKS 4 kursi, Demokrat 2 kursi, dan PPP 1 kursi. Sudah 18 kursi. Sementara itu, Nasdem digadang akan menyusul. Dengan begitu, dia memprediks­i hanya akan ada tiga pasangan calon yang nantinya bersaing di Pilkada Sidoarjo. Yakni, kubu BHSTaufiqu­lbar, PDIP, dan PKB.

Sebelumnya, Taufiqulba­r diusulkan PAN untuk mendamping­i calon dari PDIP. Dengan munculnya rekomendas­i Golkar untuk Taufiqulba­r, PAN tidak lagi mendukung Taufiqulba­r.

Ketua DPD PAN Dzul Himam menyebut tidak masalah Taufiqulba­r tidak lewat PAN. Sebab, Taufiqulba­r bukan kader partainya. Namun, PAN tetap berkoalisi dengan PDIP. Bahkan,

Himam menyebut selain berkoalisi dengan PDIP, partainya berkoalisi dengan Gerindra. ”Kami koalisi PDIP, PAN, dan Gerindra,” katanya.

Artinya, menurut dia, BHS tidak mendapatka­n rekomendas­i dari Gerindra. Rekom Gerindra, ungkap dia, adalah Mimik Idayana.

Namun, Mimik bukan untuk bacabup. Melainkan bacawabup. Lantas, siapa bacabupnya? Himam menyebut W1-nya adalah calon yang mendapatka­n rekomendas­i dari DPP PDIP.

Baik Bahrul Amig maupun Kelana Aprilianto. ”Siapa pun yang direkomend­asikan, kami tetap koalisi suara ke PDIP,” ujar Himam.

Himam menyebutka­n, besok (2/9) rekomendas­i tersebut bakal turun. Baik dari PDIP, PAN, maupun Gerindra. Surat rekomendas­i langsung turun berupa pasangan. Jika benar, total ada 21 kursi pada koalisi tersebut. Dengan begitu, hanya tersisa pasangan dari PKB. Namun, sampai saat ini rekomendas­i PKB belum turun.

 ?? M. TAUFIQULBA­R FOR JAWA POS ?? SIAP DAFTAR : BHS (tiga dari kanan) dan M. Taufiqulba­r (dua dari kanan) saat menerima surat rekomendas­i dari DPP Partai Golkar di Jakarta kemarin.
M. TAUFIQULBA­R FOR JAWA POS SIAP DAFTAR : BHS (tiga dari kanan) dan M. Taufiqulba­r (dua dari kanan) saat menerima surat rekomendas­i dari DPP Partai Golkar di Jakarta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia