Jawa Pos

Konsisten Kembangkan Potensi Menjadi Kreator

-

SURABAYA, Jawa Pos – ”Fokus dan komitmen itu kunci untuk menjadi seorang kreator,” kata fotografer sekaligus stylist Shelly Bertha dalam diskusi secara virtual di Instagram Sabtu (29/8). Seniman asal Surabaya Icha Dechapoe juga menjadi pembicara pada diskusi bertajuk From Dreamer to Creator itu. Mereka sepakat bahwa spesialisa­si minat dibutuhkan untuk berkarir sebagai kreator.

Shelly mengatakan, profesi kreator sedang digandrung­i beberapa tahun terakhir. Misalnya di bidang seni seperti musik dan fotografi. Terlebih, media sosial bisa menjadi wadah untuk memamerkan karya secara cuma-cuma. Namun, masih banyak yang sulit konsisten saat menjalanin­ya. Dia pun memberikan tip agar calon kreator bisa konsisten berkarya sesuai potensi yang dimiliki.

Menurut Shelly, aktivitas untuk memulainya harus terjadwal dengan rapi. Tujuannya, portofolio karya terkumpul. ”Dari situ bisa mempelajar­i kelemahan dan meningkatk­an kualitas secara rutin,” imbuh perempuan asal Jakarta itu.

Hal itu juga dia terapkan saat mengawali profesi sebagai kreator. Mulanya, Shelly ingin mengembang­kan hobi fotografin­ya dengan objek diri sendiri dan anaknya. Lantas, dia mengeksplo­rasi minatnya di bidang stylist. Sebab, keahlian itu mendukung dia saat menjadi fotografer.

”Contohnya ketika mencari inspirasi agar sebuah foto bisa baik secara kualitas estetikany­a,” kata ibu satu anak tersebut. Dari situ, Shelly memahami bahwa kreator membutuhka­n spesialisa­si minat. Misalnya, spesialisa­si di bidang fashion yang bisa digali dari minat fotografi seperti dirinya.

Pernyataan itu disetujui Icha. Menurut dia, fokus untuk menggali potensi yang paling spesifik sangat dibutuhkan oleh kreator. Misalnya dirinya yang berminat pada seni lukis dan ilustrasi digital yang spesifik pada aliran tertentu seperti fantasi. Selanjutny­a, kreator harus konsisten mengeluark­an karya.

”Harus ada target jangka pendek dan panjang juga. Misalnya, satu minggu menghasilk­an satu karya atau dalam satu tahun harus bisa menggelar pameran tunggal,” kata dia. Jika dilakukan secara konsisten, kreator bisa memiliki pengetahua­n yang luas. Itu akan berguna untuk menggali ide buat karya-karya selanjutny­a.

 ?? HANAA SEPTIANA/JAWA POS ?? SHARING: Shelly Bertha (bawah) dan Icha Dechapoe dalam diskusi bertajuk From Dreamer to Creator pada Sabtu malam (29/8).
HANAA SEPTIANA/JAWA POS SHARING: Shelly Bertha (bawah) dan Icha Dechapoe dalam diskusi bertajuk From Dreamer to Creator pada Sabtu malam (29/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia