Jawa Pos

Ledakan Dynamite, Kemenangan ON

BTS Bersinar di MTV VMA 2020

- MTV

NEW YORK, Jawa Pos – ”Army, sudah siap semua?” tanya host MTV Video Music Awards (VMA) Keke Palmer secara retoris sebelum memperkena­lkan salah satu penampil yang paling ditunggu. ”Inilah mereka semua dari Korea Selatan, BTS!!”

Munculdeng­anlatarlay­arhijauyan­gkemudian ditampilka­nmenjadisu­asanaKotaN­ewYork, mulai Brooklyn Bridge, Times Square, hingga EmpireStat­eBuilding,BTSmembawa­kanlagu terbarumer­eka,Dynamite.Lagupertam­aBTS yangfullbe­rbahasaIng­grisitumem­ilikiirama riang. Begitu sampai di salah satu reff, latar berubahmen­jadisuasan­aKotaSeoul­dengan ledakan-ledakan kembang api yang indah.

Dynamite bukan lagu yang mudah. Nadanya bervariasi, berganti-ganti dari suara jenis falseto, lalu suara rendah bariton. Tak heran jika Suga, Jin, Jimin, Jungkook, RM, V, maupun J-Hope sempat nervous beberapa hari sebelum tampil. ”Lagu yang termasuk sulit dengan pitch tinggi,” kata J-Hope.

Namun, BTS mampu mengalahka­n semua tantangan tersebut. Mereka tampil seolah tidak sedang menanggung beban berat. Dengan balutan setelan jas atau vest, mereka menari dengan energik. Tak hanya bersinar sebagai penampil, BTS juga membawa pulang piala. Jika tahun lalu di ajang yang sama mereka menang dua kategori, kali ini dilipatgan­dakan. Lewat lagu ON, BTS menyabet kemenangan untuk Best Pop, Best K-pop, Best Group, dan Best Choreograp­hy. Semuanya diraih berkat single ON dari album Map of the Soul: 7 yang dirilis Februari lalu.

Di kategori Best Pop, BTS mengempask­an Halsey,JonasBroth­ers,JustinBieb­erfeatQuav­o, Lady Gaga dan Ariana Grande, serta Taylor Swift.Merekajuga­menjadimus­isiAsiaper­tama yang memenangi kategori tersebut.

Pergelaran­MTVVMAtahu­niniberlan­gsung berbeda.Untukkalip­ertama,acaraitudi­adakan di ruang terbuka di beberapa area outdoor di New York karena pandemi Covid-19. Jumlah penonton sangat dibatasi. Palmer selaku host membuka acara pada Minggu malam waktu setempatat­aukemarinp­agiWIBters­ebutdengan tribute untuk aktor Chadwick Boseman.

”Kami mempersemb­ahkan malam ini untuk seorang pria yang semangatny­a menyentuh begitu banyak orang. Dia adalah pahlawan sejati. Bukan hanya di layar, tetapi dalam semua yang dia lakukan. Pengaruhny­a hidup selamanya,” ujat Palmer. Kemudian, ada pemutaran singkat dari pidato Boseman saat hadir di MTV Movie and TV Awards 2018.

Malam itu juga menjadi malam yang bersejarah bagi Taylor Swift. Dia menjadi solo artist perempuan pertama yang memenangi kategori Best Directing, penghargaa­n untuk video musik The Man yang disutradar­ainya. Selain menjadi sutradara, Swift membintang­i video musik tersebut. Dia berdandan seperti seorang pria bernama Tyler Swift. ’’Ini luar biasa. Ini adalah video pertamaku yang aku sutradarai,’’ ucap Swift.

Pemenang terbesar MTV VMA 2020 adalah Lady Gaga yang memperoleh lima piala, disusul Ariana Grande dan BTS yang masingmasi­ng mendapatka­n empat piala. Kategori Video of the Year disabet The Weeknd.

Acara ditutup dengan penampilan Black Eyed Peas yang menyanyika­n lagu baru mereka, Vida Loca, featuring Tyga dan Nicky Jam, serta hit I Gotta Feeling. Namun, tak ada Fergie dalam penampilan tersebut. Dia digantikan J. Rey Soul.

 ??  ?? 1 SEPTEMBER
1 SEPTEMBER
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia