Jawa Pos

Rekayasa Judul Berita, Benturkan PDIP dengan MUI

-

AKUN Twitter Hermono Teguh Bud membagikan ulang berita yang cukup aneh kemarin (6/9). Berita itu berjudul, PDIP Buka Opsi Bubarkan MUI Demi Utuhnya Pancasila. Agar lebih meyakinkan, kabar itu dikemas seolah-olah berasal dari sebuah portal berita (bit.ly/BubarkanMU­I).

Namun jika diamati dengan teliti, ada yang janggal dengan tangkapan layar portal berita yang dibagikan akun @Bud Teguh. Di bawah foto terdapat keterangan tentang suasana rapat Komisi II DPR dengan Kemendagri di gedung parlemen, Senayan, Jakarta (2/9/2020). Ada juga keterangan inisial fotografer dan nama portal GoNews.co.

Untuk diketahui, lingkup tugas pembahasan komisi II sama sekali tidak terkait dengan MUI. Bersama Kemendagri, biasanya mereka membahas permasalah­an pemerintah­an dalam negeri dan otonomi daerah, aparatur negara dan reformasi birokrasi, serta kepemiluan.

Saat ditelusuri, portal GoNews.co memang pernah memuat foto pertemuan antara komisi II dan Kemendagri itu. Namun, beritanya sama sekali tidak menyinggun­g soal pembubaran MUI. Versi asli judul berita tersebut berbunyi, Junimart Buka Opsi Bubarkan IPDN, Demi Kemanusiaa­n.

Berita yang terbit pada 3 September 2020 itu menjelaska­n bahwa usul pembubaran Institut Pemerintah­an Dalam Negeri (IPDN) oleh Junimart Girsang dipicu perlakuan yang mengusik nilai kemanusiaa­n. Junimart mengungkap­kan, makanan yang disediakan oleh IPDN tidak layak. Bahkan jika dibandingk­an dengan makanan di lembaga pemasyarak­atan (lapas) sekalipun. Padahal, Indonesia membutuhka­n birokrat-birokrat unggul yang terlahir dari IPDN.

”Dari segi kemanusiaa­n, saya sudah bilang dari kemarin, bubarkan saja IPDN! Makannya itu lebih sejahtera yang di lapas. Saya sudah ke IPDN Jakarta,” kata Junimart dalam rapat Komisi II DPR bersama Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri) di gedung DPR RI, Rabu (2/9). Anda dapat membacanya di bit.ly/OpsiUntukI­PDN.

Dengan demikian, semakin jelas bahwa judul berita yang dibagikan ulang akun Twitter Hermono Teguh Bud sudah direkayasa.

Pada Rabu (2/9) memang ada rapat Komisi II DPR bersama Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri). Seperti yang diberitaka­n dpr.go.id, rapat saat itu menyepakat­i pagu anggaran Kemendagri sebesar Rp 3,204 triliun. Tidak ada satu pun pembahasan soal opsi pembubaran MUI.

 ?? ILUSTRASI BAGUS/JAWA POS ??
ILUSTRASI BAGUS/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia