Jawa Pos

Penantian Tiga Tahun Foden Terbayar

-

pertama League A UEFA Nations League 2020–2021 memunculka­n muka-muka baru. Mulai winger Ansu Fati di Spanyol, bek kiri Jerman Robin Gosens, hingga tiga nama lainnya kemarin (6/9). Yakni, bek Prancis Dayot Upamecano, gelandang Inggris Phil Foden, dan striker Portugal Francisco Trincao.

Upamecano paling menyita perhatian secara statistik. Bek RB Leipzig yang sedang dikaitkan dengan Manchester United itu langsung dipercaya entraineur Didier Deschamps di starting XI.

Berkolabor­asi dengan Raphael Varane dan Presnel Kimpembe dalam skema tiga bek, Upamecano tampil nyaris tanpa cela selama 90 menit. Bek 21 tahun itu tercatat menorehkan 100 persen sukses untuk tekel dan duel area. Masingmasi­ng dua percobaan.

Bukan hanya itu, Upamecano juga sukses dalam sekali percobaan dribel. Jika striker Kylian Mbappe tidak mencetak gol tunggal kemenangan Les Bleus –sebutan Prancis– atas Swedia, bisa jadi Upamecano yang mengakhiri laga di Friends Arena tersebut sebagai man of the match.

’’Aku tidak ingin melewatkan pemain yang sedang on fire,’’ ucap Deschamps tentang Upamecano kepada L’Equipe. Musim lalu Upamecano membukukan 37 starter dari 38 laga bersama RBL. Klub yang dibawanya melaju ke semifinal Liga Champions.

Diturunkan­nya Trincao oleh pelatih Portugal Fernando Santos juga mengejutka­n. Bahkan, tidak sedikit yang menganggap terlalu cepat untuk striker 20 tahun yang baru digaet FC Barcelona dari SC Braga itu. Kondisinya berbanding terbalik dengan Foden.

Debut gelandang Manchester City tersebut bersama The Three Lions –sebutan Inggris– saat melawan Islandia (5/9) tak ubahnya akhir dari penantian tiga tahun. Terhitung sejak dia menjadi pemain terbaik di Piala Dunia U-17 pada 2017. ’’Phil (Foden) semestinya sudah punya beberapa caps,’’ kata tactician City Pep Guardiola.

 ?? HARALDUR GUDJONSSON/AFP ??
HARALDUR GUDJONSSON/AFP
 ?? CHRISTINE OLSSON/TT NEWS AGENCY/AFP ?? CAPS PERTAMA: Aksi bek Prancis Dayot Upamecano saat menghadapi Swedia dan gelandang Inggris Phil Foden kontra Islandia di Laugardals­vollur.
CHRISTINE OLSSON/TT NEWS AGENCY/AFP CAPS PERTAMA: Aksi bek Prancis Dayot Upamecano saat menghadapi Swedia dan gelandang Inggris Phil Foden kontra Islandia di Laugardals­vollur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia