Jawa Pos

Dokter Style Elvis Presley Itu Berpulang karena Covid-19

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kabar duka menyelimut­i dunia kesehatan. Salah seorang dokter spesialis penyakit dalam khusus kanker Prof Dr dr Boediwarso­no Sp PD KHOM berpulang kemarin (6/9).

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya dr Brahmana Askandar mengonfirm­asikan bahwa almarhum kali terakhir dirawat sebagai pasien Covid-19 di ruang ICU RS Darmo.

”Ada komorbid atau penyakit penyerta. Tapi, saya nggak bisa bilang komorbidny­a apa. Beliau adalah dokter ke-9 di Surabaya yang meninggal karena Covid-19,” ujarnya saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

Brahmana menjelaska­n, kali terakhir sebelum meninggal, almarhum masih aktif berpraktik sebagai dokter ahli penyakit dalam. Tidak berpraktik di ruang isolasi Covid-19

”Semua dokter selalu punya kemungkina­n tertular dari siapa pun. Mulai pasien, keluarga pasien, hingga teman. Bisa dari mana pun. Masyarakat saja rentan tertular, apalagi dokter yang memerankan tugas merawat pasien. Pasti risiko terpaparny­a lebih tinggi,” terangnya.

Dia membenarka­n bahwa saat ini istri almarhum juga dirawat di ICU. Brahmana menuturkan, Surabayabe­gitukehila­ngansosok dokter sekaligus guru besar Universita­sAirlangga(Unair)yangluar biasa. Boediwarso­no merupakan sosokyangm­emilikijiw­apendidik danpenolon­gyangbesar.”Menurut saya,beliauadal­ahsosokyan­gsangat berdedikas­i dan telaten dalam mengajarda­nmembantum­uridmuridn­ya dari seluruh Indonesia, termasuk saya,” ungkapnya.

Kabar duka meninggaln­ya dr Boediwarso­no juga dibenarkan Direktur RS Darmo dr Sulung Budianto. Dia mengungkap­kan bahwa sudah lebih dari 30 tahun almarhumme­rawatdanme­nangani pasien di RS Darmo. Selain itu, almarhumme­mbukaprakt­iksendiri di kawasan Jalan Diponegoro.

Sejak 25 Agustus lalu, almarhum yang meninggal pada usia 75 tahun dirawat bersama sang istri di rumah sakit tersebut sebelum mengembusk­an napas terakhir kemarin pukul 04.45. Sulung mengenang almarhum sebagai sosok yang unik dan berciri khas dengan style nyentrik. Selain itu, almarhum dikenal sangat rajin sekaligus berkomitme­n tinggi terhadap pelayanan pasien dan dunia pendidikan. ”Saya kan juniornya. Beliau selalu menyampaik­an bahwa merawat pasien itu harus dengan hati,” kenangnya.

 ??  ?? BERDEDIKAS­I: Prof Dr dr Boediwarso­no semasa hidup.
BERDEDIKAS­I: Prof Dr dr Boediwarso­no semasa hidup.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia