Jawa Pos

Mohon Doa Restu Orang Tua sebelum ke KPU

Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno Resmi Terdaftar Bakal Calon Wali Kota

-

SURABAYA,JawaPos−MachfudAri­findanMuji­amanSukirn­o akhirnya resmi mendaftar ke kantor KPU kemarin (6/9). Bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota itu diantar oleh ribuan relawan yang berdiri di sepanjang jalan protokol. Tepat pukul 18.00, berkas pendaftara­n dinyatakan lengkap.

Sebelum mendaftar, mantan Kapolda Jatim dan eks Dirut PDAM Surya Sembada itu sempat menjalani ’’ritual” khusus. Mujiaman bersama istrinya, Acstantia Haqyafandr­i, sungkem kepada Musringah, ibunda Mujiaman.

Lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember itu mendapat pesan khusus dari sang ibu. ’’Lek wes dadi mbesuk ojo korupsi, Nak,” ucap Musringah. Mujiaman yang juga ketua RW 3 Kelurahan Dukuh Kupang meninggalk­an rumah dengan diantar warga.

Di tempat lain, Machfud bersama keluarga menyempatk­an diri berziarah ke makam orang tuanya di TPU Keputih. Purnawiraw­an jenderal bintang dua itu berdoa dan meminta restu di depan pusara kedua orang tua

”Karena bagaimanap­un, restu orang tua itu penting dalam setiap langkah yang akan kita ambil,” kata Machfud.

Setelah berziarah, Machfud bersama sang istri, Lita Machfud Arifin, menuju ke posko pe-menangan MA Center di Jalan Basuki Rahmat. Begitu masuk ke dalam gedung, lagu selamat ulang tahun langsung dinyanyika­n.

Machfud mengaku tidak menyangka para relawan tahu tanggal lahirnya. Kebetulan pula, dia memutuskan mendaftar pada 6 September. ”Bagi saya, ini kejutan sekaligus bentuk perhatian teman-teman relawan. Saya sangat berterima kasih atas semua ini,” kata dia.

Pukul 15.00, MachfudMuj­iaman bersama rombongan mulai bergerak menuju kantor KPU Kota Surabaya di Jalan Adityawarm­an. Namun sebelumnya, rombongan mampir ke makam Sunan Bungkul untuk berziarah sekaligus menunaikan salat Asar. Di tempat itu, Machfud didoakan oleh sembilan kiai sepuh untuk tetap konsisten bersama-sama membela kepentinga­n rakyat.

Machfud-Mujiaman yang didampingi delapan pimpinan partai koalisi masuk ke gedung KPU sekitar pukul 16.00. Proses verifikasi berkas berlangsun­g selama dua jam. Tepat pukul 18.00, nama Machfud ArifinMuji­aman Sukirno resmi terdaftar sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya. ”Petang ini, Pak MA dan Pak Mujiaman sudah resmi mendaftar dan berkasnya dinyatakan lengkap oleh KPU,” kata Miratul Mukminin, ketua tim pemenangan.

Setelah pendaftara­n kemarin, bapaslon harus menunggu keputusan KPU Surabaya. Apakah mereka dapat ditetapkan sebagai pasangan calon (paslon) cawali-cawawali paslon atau tidak. KPU Surabaya akan melakukan verifikasi administra­si hingga 23 September.

”Hasil verifikasi administra­si ini akan kami sampaikan ke tim penghubung pada 23 September. Apakah bisa ditetapkan sebagai paslon atau tidak,” jelas Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? DAFTAR TEPAT ULANG TAHUN: Machfud Arifin dan Mujiaman Sukirno saat pendaftara­n di KPU Surabaya. Ribuan relawan mengantar keduanya mendaftar sebagai bakal pasangan calon wali kota-calon wakil wali kota di KPU Surabaya.
FRIZAL/JAWA POS DAFTAR TEPAT ULANG TAHUN: Machfud Arifin dan Mujiaman Sukirno saat pendaftara­n di KPU Surabaya. Ribuan relawan mengantar keduanya mendaftar sebagai bakal pasangan calon wali kota-calon wakil wali kota di KPU Surabaya.
 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? SUNGKEMAN: Sebelum mendatangi KPU Surabaya, Mujiaman bersama istrinya, Acstantia Haqyafandr­i, sungkem dan memohon restu kepada sang ibu.
FRIZAL/JAWA POS SUNGKEMAN: Sebelum mendatangi KPU Surabaya, Mujiaman bersama istrinya, Acstantia Haqyafandr­i, sungkem dan memohon restu kepada sang ibu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia