Jawa Pos

PDIP Petakan Detail Kekuatan Lawan

Eri Cahyadi Senam Bersama Warga Kalijudan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Selama 20 tahun PDI Perjuangan mempertaha­nkan Surabaya sebagai kandang banteng. Mereka pun berupaya agar Surabaya tetap merah. Strategi-strategi pemenangan mulai dijalankan karena coblosan pilwali Surabaya kurang dari 100 hari lagi.

Kalkulasi yang paling awal adalah memetakan kekuatan lawan, yakni Machfud Arifin-Mujiaman yang diusung delapan partai politik. Di atas kertas, parpol pengusung yang terdiri atas PKB, Nasdem, Gerindra, PPP, PKS, PAN, Golkar, dan Partai Demokrat itu mengumpulk­an 31 kursi di parlemen.Jumlahpero­lehansuara­nya mencapai 853.443 suara.

PDIP punya 15 kursi dengan total 418.873 suara. Mereka mendapatka­n tambahan dukungan dari PSI yang memperoleh 90.758 suara. Selain itu, koalisi parpol nonparleme­n meraih 109.468 suara. Bila semua ditotal, kekuatan awal dukungan untuk Eri Cahyadi-Armuji itu mencapai 619.099 suara.

Wakil Sekretaris DPC PDIP Surabaya Ahmad Hidayat menjelaska­n, pihaknya optimistis mampu mempertaha­nkan kemenangan di Kota Pahlawan, seperti tiga pilwali sebelumnya. Dia meyakini PDIP tak gentar dikeroyok delapan parpol. Pasalnya, mesin partai sudah teruji. ”Kader PDIP solid mendukung pasangan calon yang mendapatka­n rekomendas­i,” tegasnya.

Memang suara PDIP masih kalah jauh jika dibandingk­an dengan pasangan MachfudMuj­iaman.

Namun, itu baru sebatas hitungan di atas kertas. Belum termasuk dukungan dari simpatisan dan relawan pasangan calon.

Ahmad yakin dukungan PDIP bertambah besar. Sebab, sosok kandidat yang diusung merupakan penerus Tri Rismaharin­i. ”Ditambah lagi kekuatan dari dukungan Pak Armuji,” ucapnya.

Sekretaris BSPN DPC PDIP Abdul Ghoni Mukhlas Niam menjelaska­n, PDIP meminta seluruh kader turun ke warga.

Tak sekadar turun, kader juga diminta memasang telinga dan mata untuk memetakan gerakan tim lawan. ”Kami akan lawan black campaign,” terangnya.

Ada target tinggi yang diusung PDIP pada pilwali nanti. Lebih tinggi dibandingk­an dengan capaian dukungan yang diperoleh pasangan Risma-Whisnu Sakti Buana pada pilwali 2015. Suara Risma-WS mencapai 86,22 persen. Lawannya, Rasiyo dan Lucy Kurniasari, mendapatka­n 13,78 persen dukungan.

Sementara itu, Eri turun untuk bertemu warga di Jalan Kalijudan, Mulyorejo, kemarin (6/9). Dia ikut senam pagi bersama warga, termasuk pelawak Djadi Galajapo. ”Atas nama seniman, saya mendukung Pak Eri. Ayo bareng-bareng menangno, Rek,” ucap Djadi.

Safari politik Eri berlanjut ke Pacarkelin­g, Tambaksari. Suami Rini Indriyani itu berkunjung ke Kampung Jowo, tepatnya di RW 4, Kelurahan Pacarkelin­g.

Pria 43 tahun tersebut menyatakan siap melanjutka­n program pembanguna­n yang sudah dirancang Tri Rismaharin­i. ”Meneruskan kebaikan Bu Risma untuk kemaslahat­an umat,” jelasnya.

 ?? PDIP FOR JAWA POS ?? SEMRINGAH: Bakal calon wali kota Surabaya Eri Cahyadi (kiri) setelah mengikuti senam bersama warga Kalijudan kemarin (6/9).
PDIP FOR JAWA POS SEMRINGAH: Bakal calon wali kota Surabaya Eri Cahyadi (kiri) setelah mengikuti senam bersama warga Kalijudan kemarin (6/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia