Jawa Pos

Tembus 10 Ribu Pasien Sembuh Covid-19

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jumlah warga di Surabaya yang sembuh dari Covid-19 lebih dari 10 ribu orang, tepatnya 10.124 orang. Sementara itu, total kasus positif mencapai 12.558 orang hingga kemarin (6/9). Berbagai upaya terus dilakukan untuk menekan tingkat kematian akibat virus korona jenis baru itu.

Dari data Pemprov Jatim, status Surabaya tak lagi merah atau wilayah dengan risiko tinggi penularan korona seperti pekan lalu. Namun, sudah zona oranye atau tingkat risiko sedang. Selain itu, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 terus bertambah. Tiga hari lalu, jumlah warga yang terinfeksi korona mencapai 12.436 orang. Yang sembuh mencapai 9.989 orang.

KepalaBada­nPenanggul­angan Bencana (BPB) dan Linmas Surabaya Irvan Widyanto menjelaska­n, seluruh OPD diminta turun tangan untuk menjadikan Surabaya kembali ke zona hijau. Satpol PP, misalnya, hampir setiap hari menggelar patroli untuk memelototi titik kerumunan warga. ”Warga yang tidak mengenakan masker diberi sanksi. Seperti joget di tempat,” jelasnya.

Plt Dinas Kebersihan dan

Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Anna Fajriatin menuturkan, pemkot juga memasang gerbang disinfekta­n yang berfungsi untuk menyemprot kendaraan. ”Dengan penyemprot­an, harapannya virus mati,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i kerap turun langsung untuk mengimbau warga mematuhi protokol kesehatan. Kemarin Risma berkelilin­g ke Surabaya Utara, termasuk Jalan Kapas Krampung hingga Jalan Kedung Cowek. ”Ayo maskernya dipakai.”

Warga yang tidak mengenakan masker diberi sanksi. Seperti joget di tempat.”

IRVAN WIDYANTO

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia