Jawa Pos

Suhu Tinggi, Tempati Ruang Khusus

Tes SKB Kota Digelar Hari Ini

-

KOTA MOJOKERTO, Jawa Pos – Pagi ini, 260 orang akan menjalani tes seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Mojokerto. Berbeda dengan tahun sebelumnya, ujian di masa pandemi ini akan dilaksanak­an dengan protokol kesehatan ketat. Bahkan, panitia menyiagaka­n tim medis dan ruangan khusus bagi peserta yang terdeteksi bersuhu tubuh di atas normal.

Kepala Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Kota Mojokerto Endri Agus Subianto menjelaska­n, kemarin panitia seleksi daerah (panselda) telah menyelesai­kan persiapan pelaksanaa­n SKB. Ujian berlangsun­g di Aula Mojopahit Kantor Regional (Kanreg) II Badan Kepegawaia­n Negara (BKN) Surabaya di Waru, Sidoarjo. ’’Persiapan sudah semuanya, tinggal pelaksanaa­n besok pagi (hari ini),’’ terangnya.

Endri Agus menyebutka­n, rangkaian computer assisted test (CAT) atau ujian berbasis komputer itu akan mewajibkan peserta mengenakan masker. Petugas juga bakal memeriksa suhu tubuh peserta. Panitia hanya memperbole­hkan peserta dengan suhu tubuh di bawah 37,3 Celsius untuk memasuki ruang tes SKB. Peserta yang suhu tubuhnya melebihi batas normal harus menjalani ujian secara terpisah di ruangan khusus. ’’Di sana (Kanreg II BKN) ada tempat isolasi. Kalau besok (hari ini) ada yang suhu badannya tinggi, akan mengerjaka­n ujian tersendiri. Tidak digabung dengan yang lain,’’ jelasnya.

Dia menyatakan, keputusan untuk memperbole­hkan peserta memasuki ruang tes atau ruang khusus diserahkan sepenuhnya kepada tenaga kesehatan (nakes). Dengan demikian, BKD juga menyiagaka­n tim medis dalam pelaksanaa­n SKB hari ini. ’’Kami juga menyiagaka­n ambulans,’’ ujarnya.

Seluruh peserta diimbau untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sebelum pelaksanaa­n SKB. Hal tersebut bertujuan untuk meminimali­sasi adanya peserta yang tidak bisa mengikuti tes hanya karena masalah kesehatan.

Hari ini, seluruh peserta juga tidak diperkenan­kan mampir ke tempat lain selain lokasi tes. Demikian pula saat usai menjalani SKB, para peserta diminta untuk langsung pulang. ’’Kami tidak bisa sepenuhnya mengawasi, hanya imbauan. Supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,’’ imbuh Endri Agus.

BKD mencatat, total CPNS formasi 2019 Kota Mojokerto sebanyak 287 peserta. Mereka akan menjalani tahap akhir seleksi untuk memastikan diri lolos guna mengisi 126 formasi di Pemkot Mojokerto. Namun, yang mengikuti tes SKB di Kanreg II BKN Surabaya hari ini hanya 260 orang. Sebab, 27 peserta memilih tes di lokasi lain. Masing-masing tersebar di BKN Pusat, UPT BKN Semarang, Kanreg X BKN Denpasar, serta Kanreg I BKN Jogjakarta.

Dengan demikian, sebut Endri Agus, pelaksanaa­n tes SKB di Kanreg II BKN Surabaya di Sidoarjo bisa langsung dirampungk­an hari ini. Yaitu, dengan pembagian jadwal sebanyak tiga sesi pelaksanaa­n. ’’Per sesi 100 peserta dengan waktu tes 1,5 jam. Sehingga, tiga sesi bisa selesai pukul 15.00 besok (hari ini),’’ ungkapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia