Jawa Pos

BST Rp 300 Ribu Sudah Disalurkan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Penyaluran bantuan sosial tunai (BST) tahap keempat rampung. Masing-masing warga di beberapa kelurahan sudah menerima bantuan tersebut dengan baik. Tiap keluarga penerima manfaat (KPM) menerima bantuan senilai Rp 300 ribu.

Jumlah tersebut berbeda dari jumlah bantuan pada penyaluran BST periode sebelumnya yang senilai Rp 600 ribu.

Pembagian tersebut dikoordina­sikan PT Pos Indonesia. Total, jumlah penerima BST tahap ke-3 se-Surabaya sebanyak 163.747 KPM. Sementara itu, pada tahap ke-4 ini, jumlah KPM tercatat sebanyak 162.307 sehingga bertambah 50 KPM.

Lurah Simomulyo Sukardi mengatakan, penyaluran BST di wilayahnya tidak mengalami kendala yang berarti. ”Aman terkendali,” katanya pekan lalu. Total, ada 1.189 KPM di Simomulyo yang menerima BST untuk tahap ke-4 dan ke-5.

Namun, memang sejauh ini ada beberapa warga yang belum mendapatka­n bantuan. Sebab, pendataan di kawasan tersebut sudah dipersiapk­an untuk penyaluran tahap ke-5 sekaligus. Menurut Sukardi, sosialisas­i, verifikasi, dan upaya penyaluran BST masih terus dilakukan. ”Ya yang belum (menerima, Red) sedikit, masih diberi waktu sampai tanggal 7 September (hari ini),” katanya.

Sementara itu, Lurah Balas Klumprik Sri Heryanti Trisuwanda­ni mengungkap­kan, semua KPM sudah menerima BST. Total, ada 449 KPM di wilayah Balas Klumprik yang berhak menerima bantuan tersebut. ”Telah diterimaka­n kemarin tanggal 29 Agustus 2020 di Kantor Pos Kedurus,” ujarnya.

Penyaluran BST di Balas Klumprik sejauh ini cukup lancar. Menurut Yanti, sejauh ini tidak ada keluhan atau masalah terkait penyaluran bantuan. ”Alhamdulil­lah lancar,” ungkapnya. Dia pun berharap bantuan tersebut dapat meringanka­n beban warga yang terdampak Covid-19, terutama mereka yang berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia