Jawa Pos

Gubernur Gowes sambil Bagi-Bagi Masker

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Stigma masyarakat terhadap pasien Covid-19 harus dihilangka­n. Karena itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Ikatan Alumni Penyintas Covid-19 Jawa Timur melakukan gowes bareng di Sidoarjo. Dimulai dari Alun-Alun Sidoarjo, mereka bersepeda sambil ditemani jajaran Forkopimda Sidoarjo kemarin pagi (6/9).

Kegiatan tersebut tak hanya bertujuan untuk menyehatka­n badan dan meningkatk­an imunitas tubuh. Khofifah juga mengajak warga Delta agar patuh terhadap protokol kesehatan dengan cara bagi-bagi masker. ’’Harus disiplin. Ya, pakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak,’’ ujarnya.

Dia menyampaik­an bahwa persebaran Covid-19 terus berlangsun­g. Karena itu, lanjut Khofifah, mematuhi protokol kesehatan sangat penting bagi masyarakat. Selain itu, sesama warga harus saling mengedukas­i dan mengingatk­an apabila ada yang melanggar protokol tersebut.

Menurut Khofifah, sekali ada yang terkena Covid-19, pasien harus mengisolas­i diri. Sementara waktu, dia harus jauh dari keluarga dan tak bisa beraktivit­as di luar rumah. ’’Bahayanya, mereka mendapatka­n stigma masyarakat,’’ lanjutnya.

Walau penderita sudah sembuh, masih ada perlakuan buruk dari masyarakat. Khofifah mencontohk­an sebagian anggota Ikatan Alumni Penyintas Covid-19 yang pernah mendapat stigma itu. Ada yang diasingkan, dijauhkan, bahkan ditolak untuk kembali ke lingkungan rumah. ’’Ini harus dihilangka­n dan peran tim penyintas Covid-19 mengedukas­i hal tersebut,’’ jelasnya.

Ketua Ikatan Alumni Penyintas Covid-19 Jatim Edy Sukotjo mengatakan, beberapa anggota kerap mengalami diskrimina­si.

 ?? DITE S/JAWA POS ?? AJAK DISIPLIN: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersepeda bersama Ikatan Alumni Penyintas Covid-19 Jawa Timur di Sidoarjo kemarin. Khofifah juga membagikan masker kepada warga.
DITE S/JAWA POS AJAK DISIPLIN: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersepeda bersama Ikatan Alumni Penyintas Covid-19 Jawa Timur di Sidoarjo kemarin. Khofifah juga membagikan masker kepada warga.
 ?? DITE S/JAWA POS ??
DITE S/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia