Jawa Pos

Lebih Enjoy Lukis Kain daripada Jadi Konsultan

Sesuai Hobi dan Tidak Terlalu Mikir

-

SURABAYA, Jawa Pos – Lembaran kain sutra bermotif lukisan terlihat di rumah produksi milik Tjiplies Pudji Lestari di Rungkut, Surabaya. Saat ditemui, dia sedang berkonsent­rasi melukis kain sutra dengan motif bunga berwarna cerah.

’’Iya, yang ini memang pesanan berupa syal,” tuturnya sambil meletakkan peralatan lukisnya. Tjiplies mengatakan sangat menikmati aktivitas itu karena melukis adalah hobinya.

Dulu, Tjiplies adalah seorang konsultan arsitek. Namun, pekerjaann­ya itu sempat terhambat karena krisis moneter pada 1997an. Dia pun berhenti dari pekerjaann­ya dan mencari peruntunga­n lain dengan mengandalk­an keahlian yang dimiliki. Yakni, melukis. Tjiplies melukis kain dengan berbagai motif, lantas menjadikan­nya berbagai produk.

Profesi sebagai konsultan arsitek sempat dia teruskan seusai krisis berakhir. Namun, Tjiplies tidak tertarik lagi untuk melanjutka­nnya karena pekerjaan konsultan arsitek terlalu kompleks. Terlebih, dia juga memiliki dua anak yang harus dibesarkan. Dia pun memantapka­n diri untuk fokus ke dunia fashion lukis kain pada awal 2000.

’’Itu juga hobi saya. Jadi, saya lebih enjoy menjalanin­ya setiap hari. Mikirnya juga tidak terlalu berat,” ujar alumnus Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu.

Seiring dengan berjalanny­a waktu, usahanya semakin berkembang. Dia menghasilk­an berbagai produk fashion seperti busana dan syal. Ada juga aksesori seperti tas, kalung, dan masker kain. Mayoritas dibuat dari bahan kain sutra karena Tjiplies ingin terlihat elegan. Tjiplies memberinya motif seperti bunga, cityscape, dan hewan.

’’Itu karena saya suka dengan hewan juga, terutama kucing,” kata pemilik Nazia Silk Painting itu.

Berkat ketekunan menjalanin­ya, Tjiplies meraih sejumlah prestasi. Di antaranya, juara I UMKM tingkat Jawa Timur pada 2017 dan juara III Desain Batik seSurabaya. Dia juga malang melintang di berbagai pergelaran pameran. Kini dia dibantu tiga asisten di rumahnya untuk membuat berbagai produk. Bagi Tjiplies, terus berpikir positif dan menikmati proses adalah kunci kebugaran. ’’Selalu bersyukur atas apa yang sudah diberi hingga saat ini,” tandasnya.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? UNTUK SYAL: Tjiplies Pudji Lestari menyelesai­kan salah satu lukisan kain di studionya yang terletak di Rungkut beberapa waktu lalu.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS UNTUK SYAL: Tjiplies Pudji Lestari menyelesai­kan salah satu lukisan kain di studionya yang terletak di Rungkut beberapa waktu lalu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia