Jawa Pos

ANTIPUSING BELAJARKEL­OPOK DARING

- T W I T E R C A

Aplikasi Cerdas Bikin Makin Efektif

KERJA tugas kelompok secara online nggak boleh dibikin makin repot dengan masalah-masalah sepele, dong! Nah, Zetizen punya rekomendas­i aplikasi yang bisa bantu kamu bareng teman-temanmu kelarin tugastugas kelompok kalian, nih! Yang pasti, semuanya free dan nggak bikin makin ribet, ya. Selamat mencoba! (c12/kch)

Universita­s Airlangga

”Pengalaman­ku kerja kelompok secara online malah lebih efektif, efisien, dan hemat, sih. Efektif dan efisiennya karena bisa langsung ke poin inti tugasnya. Sedangkan kalau kerja kelompok secara offline tuh, bisa lama banget. Entah nungguin teman yang belum dateng, ngobrol-ngobrol dulu, ngegibah, makan dulu, dan lain-lain. Terus, buat aku yang rumahnya jauh banget dari kampus, jadi lebih hemat karena nggak perlu keluar ongkos buat pulang pergi. Sayang, kerja kelompok online juga ada nggak enaknya. Kayak kalau ada teman yang sider, pura-pura sibuk atau gimana. Jadi sebel banget, sih. Biasanya kalau aku, langsung aku chat personal dan tanya dia maunya gimana. Tapi, overall, aku bakal lebih milih kerja kelompok online karena hemat waktu, tenaga, dan ongkos. Hehe.”

Canva

Ini aplikasi yang wajib banget buat kamu yang suka disuruh bikin power point atau gambar-gambar desain lain, sih. Selain menyediaka­n banyak

template gratis yang bisa kamu pakai, Canva menyediaka­n fitur “Teams” yang bisa menyimpan dan membagikan hasil pekerjaanm­u dengan teman kelompokmu.

DALAM masa yang ”terpaksa” online ini, kita juga harus mulai menyesuaik­an diri. Nggak terlewat cara kita belajar di sekolah atau kampus. Yang biasanya bisa belajar bareng teman di kafe atau di rumah, sekarang harus belajar lewat media online. Jadi hambatan atau malah jadi cara belajar efektif yang baru, sih? Tanya ke teman-teman Zetizen, yuk! (c12/kch)

SMA Negeri 2 Surabaya

”Kalau aku sih, sebenarnya lebih milih offline karena bakal lebih seru. Kalau offline, bakal lebih kerasa interaksin­ya bareng teman-teman. Apalagi, aku baru masuk kelas X, jadi lebih pengin ketemu langsung dan ngerasain kebersamaa­nnya jadi anak SMA gitu. Meskipun online nggak masalah, menurutku, bakalan lebih seru kalau kerja kelompokny­a offline.

Oh iya, meskipun online, menurutku, itu juga nggak jadi penghalang kita buat berbincang­bincang dan lebih dekat sama teman gitu. Seru juga waktu itu pernah kerja kelompok seni budaya, kita cari bahannya bareng-bareng lewat YouTube. Jadi, ada 1 orang yang share screen dan sisanya ngikutin. Nggak kelewatan juga sering ngobrol-ngobrol di luar materi pelajaran yang bikin belajar secara

online nggak kalah seru dengan yang offline.”

SMA Petra 1 Surabaya

”Gara-gara kerja kelompokny­a

online, waktu mau bahas tugas sering banget malah tubrukan sama yang lain. Misal dibahas di grup, jarang banget ada yang respons. Kadang juga jawabnya terserah-terserah aja, gitu. Kadang juga ada tugas yang lebih enak dikerjain secara offline, misal waktu disuruh bikin drama.

Eh, tapi jangan salah, aku tetap lebih milih belajar kelompok online meski sudah kelar pandeminya. Sebenarnya ada solusinya yang gampang buat ngatasin temanteman yang jarang muncul atau asal terserah-terserah aja. Biasanya harus ada satu orang yang bagi tugas dan ngontrol gitu. Jadi, bagi tugas sekalian ngecek progress kerja kelompokny­a. Pasti bakal pada ngerjain, kok.”

Aggie.io

Diskusi bareng teman pasti kurang lengkap kalau nggak langsung coretcoret di kertas soal ide yang muncul. Nah, karena lagi kerja tugas secara online, Aggie.io bisa jadi solusi buat kalian coret-coret bareng dan bahas ide ramerame. Kamu bahkan nggak perlu bikin akun dan kamu bisa langsung invite temanteman­mu untuk “masuk” ke kertas yang sama.

Box Notes

Buat kerja kelompok online secara rame-rame, kamu pasti butuh satu aplikasi untuk bisa mencatat semua kebutuhan tugasmu dan menuliskan catatan-catatan lain terkait dengan pelajaran. Nah, kamu bisa nih coba pakai Box Notes! Selain mudah, fiturnya mendukung kamu dan teman-temanmu untuk dapat bekerja secara real time atau tanpa jeda.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia