Jawa Pos

Sepi Pemasukan, Andalkan Tabungan

Tiga Juara Indonesian Idol saat Pandemi

-

JAKARTA, Jawa Pos − Tiga pemenang Indonesian Idol ini merasakan imbas pandemi Covid-19 dalam hal perekonomi­an. Tak adanya job manggung membuat Joy Tobing (juara Indonesian Idol musim pertama), Regina Ivanova (juara Indonesian Idol musim ketujuh), Nowela Elizabeth (juara Indonesian Idol musim kedelapan) harus pintar mengelola keuangan.

Uang tabungan serta dana darurat mau tak mau terpaksa digunakan. Keputusan itu harus dilakukan demi bisa memperpanj­ang hidup. Selama lima bulan sejak pasien Covid19 pertama diumumkan di Indonesia pada Maret lalu, mereka tak mendapat pekerjaan.

Baik on air maupun off air. ”Memang nggak ada pekerjaan sama sekali. Aku hidup benarbenar mengandalk­an tabunganku,” ucap Nowela saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, kemarin (7/9).

Meski demikian, pelantun lagu Kehabisan Kata itu tetap bersyukur lantaran masih diberi kesehatan dan semangat. Mengisi waktu, dia membuat konten di kanal YouTube-nya. Dengan begitu, setidaknya Nowela masih berharap bisa mendapat pemasukan dari platform tersebut.

Jika Nowela memperoleh penghasila­n dari monetasi akun YouTube, lain lagi Regina yang mengandalk­an dana down payment (DP) dari sejumlah pekerjaan yang sudah terjadwal tetapi tertunda. Disebutnya uang tabungan serta dana darurat sudah terkuras banyak. ”Puji

Tuhan, meskipun semua job nyanyi tertunda ke 2021, DP udah pada masuk. Jadi, sementara aku hidup dari situ. Diatur sebaik-baiknya lah,” ujarnya.

Di samping itu, perempuan kelahiran Jakarta, 34 tahun silam, tersebut juga mengaryaka­n bakat ibunya yang ahli di bidang memasak. Dengan demikian, lanjut Regina, keluargany­a juga mendapat pemasukan dari hasil jualan makanan matang masakan sang ibu.

Kondisi itu juga dialami senior mereka, yakni Joy Tobing. Dia mengandalk­an uang DP yang masuk ke rekening. Beruntung, pelantun lagu Karena Cinta itu masih memiliki bisnis sampingan di bidang kuliner bersama saudara kandungnya.

Juga dari pelayanan kerohanian yang sudah dijalaniny­a bertahun-tahun itu secara live streaming. Menurut dia, dalam kondisi serbasulit dan terbatas seperti sekarang, orang-orang dituntut untuk lebih kreatif. Termasuk dirinya. ”Harus lebih semangat memutar otak supaya bisa dapat rezeki halal. Pokoknya bersyukur, meski sedikit, biar berkat,” jelas Joy.

Seiring waktu, di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi sekarang, ketiganya kini mulai mendapat tawaran pekerjaan lagi. Ada yang meminta datang sebagai bintang tamu talk show. Ada juga yang meminta bernyanyi. Semua dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah diatur. ”Walaupun deg-degan dan cukup ribet ya harus rapid ini itu. Tapi, tetap bersyukur puji Tuhan, istilahnya masih bisa menghasilk­an uang,” timpal Nowela.

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ??
IMAM HUSEIN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia