Jawa Pos

Tak Diumumkan, Hasil Uji Usap Bersifat Rahasia

Hari Ini Bapaslon Jalani Tes Kesehatan

-

SURABAYA, Jawa Pos − Dua bakal pasangan calon (bapaslon) wali kota dan wakil wali kota yang akan bertarung dalam pemilihan wali kota (pilwali) Surabaya menjalani swab test kemarin (7/9). Uji usap itu dilakukan di Instalasi Graha Amerta, RSUD dr Soetomo. Namun, hasil pemeriksaa­n tersebut tidak bisa disampaika­n kepada publik. Sifatnya rahasia.

Pukul 08.00, bapaslon Eri Cahyadi-Armuji tiba di Instalasi Graha Amerta. Dalam agenda itu, keduanya tampak kompak mengenakan kemeja hitam. Tak banyak basa-basi, mereka bergegas masuk ke dalam rumah sakit.

Selang setengah jam, bapaslon yang diusung PDIP itu keluar. Tidak ada pernyataan yang disampaika­n. Keduanya hanya melambaika­n tangan. Pukul 10.40, giliran bapaslon Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno (Maju) yang tiba. Keduanya juga mengenakan baju senada.

Pilihan pakaiannya kemeja putih.

Protokol kesehatan menjadi perhatian pasangan Maju. Tak sekadar mengenakan masker. Keduanya juga memakai sarung tangan serta face shield

J

Pukul 11.05, Machfud dan Mujiaman rampung menjalani swab test. Menurut Machfud, tes kesehatan itu berjalan cepat. ”Ya, disogrok pakai alat,” ucapnya.

Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan Soeprayitn­o menjelaska­n, swab test merupakan syarat tambahan bagi bapaslon. Hal itu diajukan oleh pihak rumah sakit. Tujuannya, melihat kondisi kesehatan kandidat.

”Selain itu, langkah preventif untuk melindungi tenaga kesehatan,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Nano itu menjelaska­n, swab test berjalan lancar. Tak sampai satu jam, tes kesehatan tersebut rampung. Namun, hasil pemeriksaa­n itu belum bisa disampaika­n.

Menurut Nano, dokter masih memelototi hasil uji usap itu. Diperkirak­an pukul 19.00, pihak rumah sakit menyampaik­an telaah. Sayangnya, hasil swab test tersebut bersifat rahasia. ”Tidak bisa disampaika­n ke publik. Hanya rumah sakit, KPU, serta paslon yang mengetahui,” ucapnya.

Selanjutny­a, hasil tes kesehatan itu disampaika­n kepada paslon. KPU sudah membuat aturan. Kandidat yang dinyatakan positif tidak serta-merta gugur. Namun, diminta melakukan isolasi mandiri dan penyembuha­n.

Tahapan pemeriksaa­n kesehatan berlanjut hari ini. Serangkaia­n tes dilakukan. Dimulai pukul 07.00 hingga 19.00.

Nano mengatakan, dua bapaslon itu menjalani tes bersamaan. Mulai tes radiologi, pengambila­n sampel darah, hingga pemeriksaa­n jasmani. Pemeriksaa­n terus berlanjut. Pemeriksaa­n kesehatan jiwa digelar Rabu. ”Pagi sampai malam di rumah sakit,” jelasnya.

Sementara itu, Machfud mengaku siap menjalani seluruh tes. ”Sudah persiapan,” ujarnya. internatio­nal undergradu­ate program

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? SYARAT AWAL: Dua bapaslon pada pilwali Surabaya menjalani swab test di Instalasi Graha Amerta, RSUD dr Soetomo, kemarin. Foto kiri, pasangan Erji menanti panggilan di ruang tunggu. Foto kanan, pasangan Maju menyapa awak media setelah uji usap.
FRIZAL/JAWA POS SYARAT AWAL: Dua bapaslon pada pilwali Surabaya menjalani swab test di Instalasi Graha Amerta, RSUD dr Soetomo, kemarin. Foto kiri, pasangan Erji menanti panggilan di ruang tunggu. Foto kanan, pasangan Maju menyapa awak media setelah uji usap.
 ?? TIM PDIP ??
TIM PDIP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia