Jawa Pos

Denda Pelanggar Terserah Daerah

Tegakkan Protokol, Terjunkan Tim Hunter

-

SURABAYA, Jawa Pos – Penegakan disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19 resmi diberlakuk­an secara serentak di seluruh wilayah Jatim. Aparat penegak hukum di seluruh daerah sudah bisa memberikan sanksi pada para pelanggar.

Jajaran Forkopimda Jatim juga menerjunka­n tim khusus untuk memaksimal­kan penindakan. Namanya Tim Hunter Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19.

Bukan hanya itu, forkopimda juga memberikan tata cara penerapan sanksi bagi para pelanggar protokol. Di mana, tiap daerah bisa memilih regulasiny­a. Boleh menggunaka­n Peraturan Gubernur (Pergub) 53/2020 yang mengatur tentang penegakan disiplin protokol kesehatan di Jatim atau peraturan kepala daerah (perkada) yang merupakan turunan dari pergub.

”Pada prinsipnya, aturan itu (baik pergub maupun perkada, Red) sama. Penindakan juga sama, hanya besaran denda yang berbeda. Sesuai dengan ketetapan masing-masing daerah,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kemarin.

Berdasar regulasi yang disusun, seluruh penindakan terhadap pelanggara­n protokol kesehatan diawali dengan teguran. Kemudian, sanksi berikutnya berupa denda. Teknisnya juga sudah diatur. (selengkapn­ya lihat grafis)

Di sisi lain, Kepala Satpol PP Jatim Budi mengatakan, hingga kini belum semua kabupaten/ kota memiliki perkada yang merupakan turunan Pergub 53/2020. ”Daerah itu bisa menggunaka­n pergub. Termasuk besaran dendanya,’’ ucapnya.

Di sisi lain, kemarin jajaran forkopimda menerjukan tim pemburu (hunter) pelanggara­n protokol kesehatan. Kapolda Jatim Irjen Pol M. Fadil Imran mengatakan, tim hunter akan membantu pelaksanaa­n operasi di daerah-daerah.”Kami berharap, masyarakat menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19 untuk kebaikan bersama,’’ujarnya.

 ?? TORIQ S. KARIM/JAWA POS ?? BERANGKAT: Personel tim pemburu (hunter) pelanggara­n protokol kesehatan yang diterjunka­n Forkopimda Jatim. Kemarin tim itu diberangka­tkan dalam prosesi yang berlangsun­g di Gedung Grahadi.
TORIQ S. KARIM/JAWA POS BERANGKAT: Personel tim pemburu (hunter) pelanggara­n protokol kesehatan yang diterjunka­n Forkopimda Jatim. Kemarin tim itu diberangka­tkan dalam prosesi yang berlangsun­g di Gedung Grahadi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia