Jawa Pos

Digitalisa­si SPBU Sudah 86,1 Persen

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pertamina masih gencar menerapkan program digitalisa­si SPBU. Hingga pertengaha­n September ini, digitalisa­si SPBU di Jawa Timur (Jatim) sudah mencapai 86,1 persen.

Unit Manager Communicat­ion Relations & CSR Pertamina MOR (Marketing Operation Regional) V Rustam Aji menyatakan bahwa jumlah total SPBU di Jatim mencapai 882. Dengan demikian, yang sudah menerapkan digitalisa­si sebanyak 759 SPBU.

”Digitalisa­si SPBU dan pengembang­an aplikasi MyPertamin­a memudahkan pemantauan bahan bakar minyak end-to-end process. Ini untuk menjawab tantangan di era sekarang melalui digitalisa­si di seluruh lini bisnis, mulai hulu sampai hilir” papar Rustam pada Rabu (16/9).

Bukan hanya di wilayah Jatim, digitalisa­si juga diterapkan di Bali, NTB, dan NTT yang masuk area MOR V. Total SPBU di MOR V mencapai 1.209 SPBU. Sementara itu, sampai kini yang sudah mengimplem­entasikan digitalisa­si sebanyak 1.009 SPBU.

”Nanti seluruh SPBU terdigital­isasi yang bersinergi dengan Telkom,” papar Rustam. Untuk mencapai target itu, saat ini

Pertamina memasuki tahap persiapan serta pemasangan sejumlah perangkat pendukung.

Dengan digitalisa­si, seluruh aktivitas dapat terekam. Baik itu data transaksi maupun stok SPBU secara akurat. Dari tiap nozzle atau selang pengisian

BBM ke kendaraan konsumen, dibuatkan sesuai dengan sistem sedemikian rupa sehingga secara langsung dapat memberikan data konsumsi dan penjualan setiap SPBU.

”Pertamina langsung tahu jik a ada SPBU yang akan kehabisan stok BBM. Sehingga, dapat segera ditindakla­njuti dengan upaya pengiriman BBM ke SPBU tersebut,” kata Rustam. Digitalisa­si juga merealisas­ikan cashless payment antara Pertamina dan pemilik SPBU serta pemilik SPBU dan konsumen.

 ?? SALMAN TOYIBI/JAWA POS ?? TURUN HARGA: Pengendara motor mengantre di SPBU kawasan Pondok Cabe, Tangerang Selatan, kemarin (17/9). Pertamina menurunkan harga pertalite menjadi setara premium.
SALMAN TOYIBI/JAWA POS TURUN HARGA: Pengendara motor mengantre di SPBU kawasan Pondok Cabe, Tangerang Selatan, kemarin (17/9). Pertamina menurunkan harga pertalite menjadi setara premium.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia